Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat  pada tahun anggaran 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk beasiswa kuliah kedokteran sebagai upaya memenuhi kebutuhan dokter di daerah tersebut.

"Kami sudah lakukan sosialisasi dan tahap seleksi administrasi di tiap sekolah, karena beasiswa kuliah kedokteran itu diberikan kepada siswa berprestasi, khusus peringkat satu hingga lima," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kapuas Hulu Elias Kimson di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Kimson mengatakan untuk beasiswa kuliah kedokteran itu, pemerintah daerah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu berikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa

Beasiswa kuliah kedokteran itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam memenuhi kebutuhan dokter di daerah setempat, sebab bagi lulusan kedokteran yang dibiayai oleh pemerintah daerah nantinya kembali mengabdi di kabupaten tersebut.

Menurutnya, seleksi administrasi bagi siswa yang berprestasi dilakukan melalui sekolah dan diteruskan untuk direkap ke sekretariat daerah melalui Tim Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Setelah itu, hasil seleksi administrasi akan diteruskan ke Tim Uji pada Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

"Ujiannya menyesuaikan kalender ujian tertulis mandiri di Untan Tahun 2023," ucapnya.

Ia mengatakan beasiswa kuliah kedokteran itu khusus untuk siswa kelas XII jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA/Sederajat di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam seleksi tersebut pemerintah daerah menyiapkan kuota sebanyak 141 siswa, dan akan diseleksi lagi menjadi empat orang melalui tes sesuai ketentuan. "Jadi, yang akan mendapatkan beasiswa sekolah kedokteran itu hanya empat orang," katanya.

Baca juga: Kapuas Hulu siapkan Rp300 juta untuk beasiswa pelajar dan mahasiswa

Tim Bagian Kesra Setda Kapuas Hulu, katanya, sudah melakukan sosialisasi terkait beasiswa kedokteran tersebut ke beberapa sekolah, mulai dari sekolah di Semitau, Sejiram, Bunut Hilir, SMA Karya Budi, SMA Putussibau, dan sejumlah sekolah lainnya.

Untuk beasiswa kuliah kedokteran itu juga dilaksanakan pada Tahun 2022, dengan jumlah anggaran dan jumlah siswa yang menerima beasiswa kuliah  kedokteran sebanyak empat orang.

Dia berharap beasiswa kuliah kedokteran dari pemerintah daerah itu benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh siswa-siswi yang memperoleh, karena setelah lulus kuliah kedokteran akan kembali mengabdi melayani masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca juga: Fahutan Untan dan PT SMS jalin kerjasama untuk MBKM dan beasiswa

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023