Angin puting beliung menyapu dua rumah warga RT10/RW3 Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan pada Selasa pagi sekitar pukul 05.00 Wita.

Kasi Pemerintahan Desa Takisung Tabri mengatakan dua rumah yang rusak terkena angin puting beliung itu milik Santi dan Anwar yang berada di RT10/RW03 Desa Takisung.

"Rumah Santi rusak parah, sedangkan rumah Anwar tetangga Santi tidak terlalu parah rusaknya, hanya atapnya saja yang lepas," kata Tabri saat dihubungi di Pelaihari, Selasa.

Tabri mengungkapkan rumah milik Santi yang mengalami rusak berat akibat angin puting beliung pada bagian dapur.

Sementara itu, pemilik rumah, Santi menuturkan dirinya dan anaknya berada di dalam kamar saat terjadi angin puting beliung.

Baca juga: Kanopi pejalan kaki Bandara Supadio roboh dihempas puting beliung

Akibat dihantam angin puting beliung tersebut, Santi mengatakan kondisi dapur hancur berantakan, termasuk peralatan memasak dan dua lemari kaca.

Untuk tempat tinggal sementara bersama anaknya, ungkap dia, saat ini terpaksa menginap di tempat keluarga terdekat.

"Karena masih trauma kejadian, maka saya bersama anak untuk sementara tidak di rumah dulu karena takut ada lagi angin puting beliung," ucapnya.

Dia berharap Pemkab Tanah Laut memberikan bantuan untuk meringankan perbaikan rumahnya tersebut.

"Saya sudah meminta pendapat ke Kantor Desa Takisung atas bencana ini, mudah-mudahan ada tanggapan," harapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut Sahrudin ketika dikonfirmasi belum bisa memberikan keterangan karena masih ada kegiatan di Kecamatan Kintap.

Baca juga: Puting beliung terjang 217 rumah warga di Desa Bencah

 

Puluhan rumah dan tempat usaha di dua kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur rusak diterjang angin kencang yang disertai hujan deras pada Minggu (16/1) sore hingga malam.

"Dua wilayah yang terdampak parah yakni Kecamatan Arjasa di Desa Kemuning Lor dan Kecamatan Patrang di Kelurahan Baratan," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo di kabupaten setempat, Senin.

Menurut dia tidak ada korban jiwa baik yang terluka maupun meninggal dunia dalam bencana angin kencang yang terjadi di dua kecamatan tersebut, namun beberapa pohon tumbang, rumah dan tempat usaha rusak. Baca selengkapnya: Angin kencang disertai hujan deras robohkan rumah warga jember

Pewarta: Imam Hanafi/arianto

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023