Pemerintah Kabupaten Kayong Utara sedang  menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk  persiapan pembangunan  bandara di negeri bertuah tersebut  dengan menjalin kerja sama  bersama Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Tanggerang.

"Menindak lanjuti kunjungan kita yang lalu, dan mengingat progres bandara Kayong Utara yang sudah hampir mencapai 100%, untuk itu kita memerlukan SDM untuk mengelolanya. Terutama bagi putra/i Kayong Utara," kata bupati Citra Duani saat kunjungannya tersebut, Rabu.

Dalam kunjungannya ini bupati disambut langsung oleh Direktur PPI Curug Agus Tono beserta jajarannya, dan berdikusi menyusun strategi dan kekuatan untuk peningkatan SDM  Kayong Utara.


Selain meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Citra menginginkan nantinya dengan beroperasinya bandara dapat  membuka lapangan kerja untuk masyarakat asli Kayong Utara.

"Selain mendapatkan keuntungan bagi daerah, saya ingin putra dan putri Kayong Utara dapat ikut berperan dan tidak hanya menjadi penonton jika bandara ini beroperasi, untuk itu mulai dari sekarang kita mempersiapkan SDM," harapnya.

Pemerintah Kayong Utara memberikan beasiswa di beberapa perguruan tinggi dengan kualifikasi siap kerja, termasuk di Politeknik Penerbangan Indonesia. Bupati ingin setelah lulus kuliah mereka dapat langsung berkerja.

"PPI Curug ini merupakan pendidikan penerbangan sipil. Intinya penyelenggara  kebandar udaraan pendidikannya di sini, mulai dari pilot, kelistrikan bandara, navigasi, lalulintas udara, mekanical bandara dan masih banyak lagi,"terangnya.

Dengan jalinan kerjasama ini citra menginginkan putra putri daerah mendapatkan jalur khusus untuk langsung menjadi taruna di PPI Curug.

"Selanjutnya akan kita kaji lagi, melalui dinas perhubungan, saya berharap kesepakatan bersama ini berujung pada perjanjian kerja sama antara Pemkab Kayong Utara dengan PPI Curug," tutupnya.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023