Sebanyak 376 personil Tim gabungan disiagakan dalam rangka pengamanan kedatangan penceramah kondangan Ustadz Abdul Somad untuk menghadiri tabligh akbar di GOR Uncak Kapuas Kota Putussibau Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami minta semua pihak bersinergi menciptakan situasi yang kondusif dalam kegiatan tablig akbar," kata Waka Polres Kapuas Hulu Kompol Hilman Malaini, saat Apel gelar pasukan pengamanan Ustad Abdul Somad, di halaman Polres Kapuas Hulu, Sabtu sore.

Untuk diketahui, Ustadz Abdul Somad yang didampingi Ustadz Luqmanulhakim beserta rombongan dijadwalkan tiba di Putussibau pukul 11.30 WIB atau 11.45 WIB di Bandara Pangsuma Putussibau, dilanjutkan ramah tamah dengan Forkopimda Kapuas Hulu, tokoh masyarakat adat dan tokoh agama. Sedangkan untuk tablig akbar akan dilaksanakan pukul 19.30 WIB pada Minggu (5/3) dan pada pada Senin dini hari (6/3) akan dilanjutkan tausyiah subuh di Masjid Agung Darunnajah Putussibau.

Disampaikan Hilman, pengamanan kedatangan Ustad Abdul Somad melibatkan Tim gabungan yang terdiri dari 206 personil kepolisian, 130 personil TNI, 40 personil Sat Pol PP Kapuas Hulu dan dibantu relawan pengaman dari organisasi masyarakat Pasukan Amal Soleh (Paskas), Sahabat  Beramal, Pemuda Melayu, Persatuan Orang Melayu dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya.

Menurutnya, dalam pengamanan Tim gabungan akan ditempatkan di sejumlah titik, baik itu di objek viral seperti Bandara Pangsuma, GOR Uncak Kapuas Putussibau, Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Rumah Dinas Wakil Bupati Kapuas Hulu dan Hotel Banana Putussibau serta di sejumlah titik rawan.

"Mari kita berikan rasa aman dan nyaman saat kedatangan Ustad Abdul Somad," katanya.

Selain itu, Hilman juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta tetap menjaga keharmonisan serta toleransi antar umat beragama.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengapresiasi sinergisitas aparat keamanan dan sejumlah organisasi masyarakat dalam rencana pengamanan kedatangan Ustad Abdul Somad.

Dia mengajak semua pihak mensukseskan kegiatan tablig akbar di Kapuas Hulu dengan mempererat kerukunan dan keharmonisan.

"Rasa kebersamaan harus tetap kita jaga dalam mewujudkan masyarakat yang harmonis rukun dan damai," katanya.
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat bersama Waka Polres Kapuas Hulu dan Kasdim 1206 Putussibau melakukan pengecekan kesiapan personil pengamanan kedatangan Ustad Abdul Somad dalam rangka tablig akbar di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. (ANTARA/Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023