Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprakirakan hujan dengan intensitas ringan bakal mengguyur sebagian besar daerah di Indonesia pada Sabtu.

Mengutip laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, daerah yang diprakirakan pada siang harinya mengalami hujan ringan adalah Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, Mataram, Kupang, Manokwari, Makassar, Manado, Palembang dan Medan.

Terdapat pula hujan lebat yang akan disertai kilat dan petir saat siang hari, yang berpotensi turun di Bandung, Pontianak, dan Bandar Lampung.

Siang hari di Denpasar, Jakarta, Semarang, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Kota Jayapura, Mamuju serta Padang akan mengalami cuaca berawan.

Sementara siang hari di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Surabaya, Tarakan, Pekanbaru dan Kendari berpotensi mengalami cerah berawan.

Selanjutnya ketika malam hari, hujan ringan diprakirakan turun di Yogyakarta, Gorontalo, Bandung, Bengkulu, Palangkaraya, Ambon, Samarinda, Kota Jayapura, Pekanbaru, Manado dan Medan.

Adapun cuaca hujan berintensitas sedang di malam hari bakal turun di Surabaya. Sedangkan hujan lebat yang disertai kilat dan petir berpotensi mengguyur Jambi, Banjarmasin dan Mamuju.

BMKG memprakirakan suhu para hari ini berkisar antara 19 hingga 33 derajat celcius, dimana tingkat kelembabannya 60 sampai 100 persen.

 



Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Staklim Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, memprediksi dalam tiga hari ke depan, yakni tanggal 20 hingga 22 Juni, sebagian besar wilayah Provinsi ini berpotensi terjadi hujan ringan, lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Prakiraan cuaca untuk tiga hari ke depan sebagian di wilayah Kalbar, akan terjadi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang berdurasi singkat," kata Prakirawan Staklim Mempawah, Erryka dalam keterangan tertulis diterima di Pontianak, Senin.

BMKG Staklim Mempawah mencatat suhu pada 22-33 derajat celsius untuk semua kabupaten/kota di Kalbar, katanya. Baca selengkapnya: BMKG prakirakan cuaca di Kalbar tiga hari ke depan berpotensi hujan lebat

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023