Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat menargetkan pengukuhan forum Generasi Berencana (GenRe) BKKBN  di setiap kelurahan dan desa dalam rangka memaksimalkan upaya menekan stunting dari hulu. 

"Kami terus berupaya maksimal menekan angka stunting Kalbar. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan dengan melibatkan semua pihak salah satunya kalangan milenial yaitu lewat forum GenRe," kata Penata KKB Ahli Muda BKKBN Kalbar, Elsi di Kubu Raya, Senin.

Elsi mengatakan dari total 2031 desa dan 99 kelurahan yang ada di Kalbar masing-masing harus memiliki sepasang duta GenRe. Hal itu bertujuan agar remaja yang menjadi duta tersebut bisa menjadi role model bagi yang lainnya.

“Selain menjadi role model di setiap desa Duta GenRe tersebut juga diharapkan bisa menjadi pendidik sebaya di kalangan remaja di desa yang nantinya akan berpengaruh terhadap pencegahan stunting mulai dari hulu,” jelas Elsi.

Elsi menambahkan dari 2031 desa dan 99 kelurahan di Kalbar yang ditargetkan, saat ini baru sekitar 30 persen yang dikukuhkan menjadi Duta GenRe. Sedangkan untuk Kabupaten Kubu Raya dari target 118 desa sudah 60 orang yang dikukuhkan. Kegiatan pengukuhan ini juga sinergikan dengan berbagai kegiatan momentum dan lainnya.

Elsi mengungkapkan keberadaan Duta GenRe tingkat desa itu diharapkan memiliki tanggung jawab untuk melakukan edukasi kesehatan reproduksi, edukasi gizi dan pencegahan anemia pada remaja. Hal itu juga bertujuan untuk mengungkit capaian target yang diberikan kepada BKKBN Kalbar untuk mengedukasi 5419 remaja terutama dalam edukasi gizi dan pencegahan anemia.

“Kami akan terus melakukan berbagai upaya yang berfokus kepada edukasi gizi dan pencegahan anemia serta upgrade life skill modul tentang kita yang bakal kita gelar pada tingkat provinsi,” tutup Elsi.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023