Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengajak masyarakat suku dayak untuk melestarikan adat istiadat serta budaya di tengah perkembangan teknologi dan modernisasi saat ini.

"Adat dan budaya harus terus kita lestarikan dalam menghadapi perubahan budaya karena modernisasi di tengah perkembangan teknologi, salah satunya melalui acara Gawai Dayak," kata Wahyudi Hidayat, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyudi, Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat adat dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita kerjakan dan terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun.

Menurutnya, Gawai Dayak merupakan acara yang pada prinsipnya menggali, mengembangkan, dan melestarikan, kebudayaan dan adat istiadat, khususnya sub-suku dayak yang berdomisili di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikatakan Wahyudi, salah satu Gawai Dayak yang dilaksanakan oleh Dayak Kantu' yaitu Makai Taon yang artinya makan tahun.

"Masyarakat Dayak Kantu' mengungkapkan rasa syukurnya melalui acara adat istiadat dan budaya yang merupakan warisan para leluhur," kata Wahyudi.

Wahyudi berharap agar pelaksanaan Gawai Dayak dapat memunculkan ide-ide dan kekinian dalam menggali potensi adat dan budaya yang belum tergali dan terekspos ke luar.

Dia berpesan agar Gawai Dayak tersebut benar-benar menjadi ajang untuk pelestarian budaya menghadapi perubahan dan perkembangan teknologi di era digital.

"Menjaga dan melestarikan adat istiadat serta budaya peninggalan nenek moyang menjadi tugas kita bersama untuk mewariskan kepada generasi muda di tengah perkembangan teknologi," ucapnya.

Selain itu Wahyudi juga menilai saat ini suku dayak sudah maju seiring dengan berkembangnya zaman, namun adat dan budaya harus tetap dilestarikan.

"Banyak adat istiadat dan budaya kita yang unik dan belum tergali. Itu harus kita lestarikan menjadi harta warisan, apalagi dayak sudah berkembang dan menjadi suku bangsa yang bermartabat di negara kita," kata Wahyudi.

Untuk diketahui, komunitas masyarakat Dayak Kantu' Kapuas Hulu menggelar Gawai Dayak Makai Taon pada Senin (8/5) yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat dan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023