Kepala Bagian Teknik dan Operasional Perumda AMGP (PDAM) Singkawang, Waspin Sijabat mengatakan, pihaknya segera menambah kapasitas layanan air bersih di kota itu, mengingat semakin bertambahnya jumlah pelanggan.

"Jumlah pelanggan Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Kota Singkawang hingga Mei 2023 sudah mencapai 23 ribu. Sementara kapasitas air bersih yang dimiliki Perumda AMGP Singkawang hanya sekitar 330 liter per detik," kata Waspin di Singkawang, Kamis.

Terkait hal tersebut, saat ini Perumda AMGP Singkawang agak kesulitan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan akan air bersih.

Idealnya, kata dia, ketersediaan air bersih sekitar 330 liter per detik, hanya bisa melayani sebanyak 18.400 pelanggan dengan asumsi kebocoran air sebesar 20 persen.

"Sementara tingkat kebocoran air kita saat ini masih berada 36 persen," tuturnya.

Baca juga: Kota Singkawang gratiskan pembayaran PDAM untuk rumah ibadah

Ditambah lagi kondisi panas saat ini, tentunya akan semakin menyulitkan Perumda AMGP Singkawang untuk melakukan pendistribusian air bersih ke pelanggan.

"Kalau musim hujan kan, masyarakat masih bisa melakukan penampungan air. Sehingga tidak banyak memakai air PDAM," katanya.

Rencana ke depan, Perumda AMGP Singkawang akan menambah suplay air baku dengan memanfaatkan sumber air di Danau Serantangan, Kecamatan Singkawang Selatan.

Hanya saja, jika dilihat dari perencanaan dan hitung-hitungan antara untung/rugi, dengan kapasitas 120 liter per detik maka untuk jangka panjangnya Perumda AMGP Singkawang akan rugi.

"Karena dari 1800 calon pelanggan yang kita survey di Kecamatan Singkawang Selatan, yang mau berlangganan hanya sekitar 800 orang. Itupun dari 800 orang mau berlangganan tapi ada yang tidak mau bayar," kata dia.

Tetapi, jika sumber air baku di Danau Serantangan bisa dimanfaatkan untuk mengaliri pelanggan seluruh Singkawang tentunya bisa untung, namun akan memerlukan biaya yang sangat besar.

"Untuk itulah, Perumda AMGP Singkawang akan menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga, dalam hal peningkatan kapasitas sumber air baku agar air bersih bisa mengalir ke semua pelanggan," kata Waspin.

Baca juga: Tjhai Chui Mie luncurkan pembayaran restribusi sampah dan Perumda AMGP

Baca juga: PDAM Singkawang tingkatkan layanan terkait penambahan ribuan pelanggan
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023