Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan berkolaborasi dengan KONI setempat untuk membuat sarana olahraga di Pantai Pulau Datok. Hal tersebut bertujuan untuk memajukan pariwisata dan olaharaga di negeri bertuah tersebut.

"Jadi rencana kita akan menghubungkan antara wisata dan olahraga, jadi sport to sport tourism jadi kita ada lokasi olahraga dan lokasi wisata di Pantai itu yang kami mau,"kata Kepala Disporapar Kabupaten Kayong Utara Muhammad Idham, Rabu.

Menurutnya, pihaknya berencana akan membuat sasana tinju dan panjat tebing di kawasan pantai yang pernah menjadi ajang Festival Sail Selat Karimata pada 2016.

"Sudah disampaikan terkait dengan hal-hal yang dapat kita lakukan dalam pembinaan, kami khususnya selalu melakukan koordinasi kolaborasi dengan KONI. Tadi wacana Pak Bupati bikin sasana tinju di pantai Pulau Datok,"kata dia.

Untuk sarana prasarana panjat tebing dan sangsana tinju diharapkannya bisa dibangun tahun ini agar efek domino dapat dirasakan oleh masyarakat Kayong Utara. 

"Menindaklanjuti secara cepat bersama om Daud terkait sasana tinju dengan fasilitas panjat tebing, minta tahun ini, harus juga dilaksanakan, kami kejar tayang bersama om Daud untuk kesiapan ini, karena ini memang permintaan kawan-kawan pemuda yang khususnya di bidang olahraga," kata dia.

Ia menambahkan untuk cabang olahraga panjat tebing memang belum mendapatkan perhatian khususnya sarana prasarana papan panjat yang menjadi arena utama olahraga yang menguji adrenalin tersebut.

"Ini anak-anak sekolah nampaknya peminatnya panjat tebing itu banyak. Mereka hanya kekurangan fasilitas, kita usahakan kita kerjasama dengan KONI bagaimana menyikapi ini. Karena kalau kami bekerja sendiri tidak mungkin. Makanya perlu kerjasama dengan om Daud, khususnya pembinaan di bidang olahraga," katanya.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023