Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan Pemerintah Provinsi Kalbar mendukung adanya peningkatan pelayanan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada masyarakat. 

"Di hari ulang tahun ini kami mendoakan semoga Polri semakin dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan rasa tertib serta aman kepada masyarakat," kata Sutarmidji saat ditemui di halaman kantor Gubernur Kalbar, di Pontianak, Sabtu (1/7).

Sutarmidji mengatakan Pemprov Kalbar berharap dengan peningkatan pelayanan Polri itu Kamtibmas akan terus membaik. Sehingga Kalbar yang sangat heterogen ini situasinya bisa tetap kondusif.

"Kondisi Kamtibmas yang membaik ini sangat berpengaruh dengan perekonomian yang bisa berjalan baik pula. Dan, dengan demikian kita harapkan bersama kehidupan masyarakat Kalbar akan membaik dan terus meningkat," kata Sutarmidji.

Gubernur Kalbar itu menambahkan, untuk mendukung itu semua diharapkan pula agar intensitas elemen pemerintahan, baik dari Polri, TNI maupun pemerintah daerah harus terus ditingkatkan. "Itu harapan saya," ujar Sutarmidji.

Gubernur Kalbar juga menilai di bawah kepemimpinan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto banyak terobosan-terobosan yang telah dilakukan. Walaupun Kapolda ini baru akan tetapi terobosan telah dilakukan seperti hal-hal yang selama ini menjadi isu besar di Kalbar, seperti contohnya masalah-masalah ilegal yaitu Pertambangan Emas Tampa Ijin (PETI) salah satunya.

"Terkait kasus PETI ini, pak Kapolda berupaya mencarikan solusi dan saya sangat sependapat dengan pemikiran Kapolda ini, mudah-mudahan di setujui oleh pihak kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dan, saya juga sangat mendukung Kapolda Kalbar yang mengedepankan pencegahan dibanding penindakan, ini menurut saya sangat benar. Masyarakat kita memang masih perlu meningkatkan pemahaman kepatuhan hukum dan saya yakin dengan model seperti itu masyarakat Kalbar akan semakin sadar hukum," tutur Sutarmidji. 

Baca juga: Kapolda Kalbar : Optimalkan upaya pencegahan dari pada penegakan hukum

Baca juga: Tingkatkan dedikasi dan loyalitas pengabdian

Baca juga: Polda Kalimantan Barat optimalkan pengamanan swakarsa di lingkungan masyarakat

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023