Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Yusran Anizam mengatakan, pihaknya terus melakukan internalisasi dan implementasi nilai dasar ASN BerAKHLAK, untuk mewujudkan layanan pemerintahan yang lebih baik.

"Nilai dasar ASN BerAKHLAK sangat penting karena menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional dan berorientasi pelayanan. Dengan budaya kerja itu diharapkan cita-cita mewujudkan masyarakat Kubu Raya yang mandiri dan sejahtera dapat tercapai," kata Yusran di Sungai Raya, Jumat.

Dia mengatakan, masyarakat tentu menginginkan hasil kerja Pemkab Kubu Raya bisa memberikan dampak yang bisa membahagiakan banyak orang.

"Dengan demikian feedback-nya kita juga menjadi bahagia. Karena kalau kita ingin bahagia, maka bahagiakanlah banyak orang," tuturnya.

Yusran menerangkan BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan kolaboratif.

Adanya nilai-nilai dasar itu, seorang ASN diharapkan akan dapat memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada.

"Bagaimana membahagiakan banyak orang? Kita melihatnya tidak usah jauh-jauh, kembalikan saja kepada kesepakatan kita dalam bentuk RPJMD, RKPD, dan Renstra Perangkat Daerah. Karena itulah tujuan-tujuan tanggung jawab yang harus dicapai, sesuai target dari dibentuknya Kubu Raya ini adalah cita-cita ingin mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera," katanya.

Sejauh ini, lanjut Yusran, pihaknya merasa bersyukur dengan sejumlah capaian kinerja dari tim pemerintah kabupaten. Sebab cukup banyak apresiasi yang telah didapat baik dari pihak lokal, nasional, bahkan internasional.

Hal itu, kata dia, relevan dengan hasil Survei Budaya Kerja BerAKHLAK Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah dilakukan oleh Kementerian PAN-RB bersama lembaga ACT Consulting Internasional. Di mana pihak Kementerian menilai Pemkab Kubu Raya sangat akuntabel dan kolaboratif.

"Luar biasa apresiasi yang diberikan oleh pihak luar atas capaian kinerja dari ASN di Kubu Raya," kata dia lagi.

Hasil survei dari ACT Consulting bahwa dari nilai dasar BerAKHLAK di ASN Kubu Raya beberapa poinnya cukup membanggakan. Nilai tertinggi itu dari nilai akuntabel dan kolaboratif. "Maka apresiasi untuk seluruh ASN Kubu Raya. Nah, semangat ‘kepung bakul’ ini nyata sudah terimplementasikan," kata Yusran.

Terkait berbagai raihan itu, Yusran mengajak seluruh ASN untuk selalu menjaga niat. Kemudian berupaya menanamkan dan terus mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK.

Terlebih dengan pencapaian Kubu Raya di usia ke-16 tahun yang dinilainya luar biasa baik dari indikator makro maupun mikro. Di mana PDRB Kubu Raya sebesar Rp35 triliun dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dan angka kemiskinan terendah se-Kalimantan Barat.

Begitu pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tertinggi di antara seluruh kabupaten di Kalimantan Barat.

Karena itu bagaimana mengejar sisa satu RPJMD lagi untuk mencapai target RPJP pertama ini, ingin mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Ini harus berlari cepat dan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK itu sangat urgen dan strategis untuk diimplementasikan.

"Butuh komitmen bersama untuk mengejar implementasi dari target-target ini, katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023