Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji telah mengalokasikan dana sebesar Rp35 miliar dari APBD tahun anggaran 2024 untuk menuntaskan perbaikan jalan provinsi di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. 

“Kemudian jalan Siduk Sukadana harusnya sudah tuntas, walaupun masih beberapa titik jalan belum maksimal,” kata Sutarmidji di Kayong Utara, Selasa malam.

Ia mengatakan untuk jalan Perawas saat ini menurutnya sudah bisa ditempuh dalam waktu sekira 6 jam dari  Pontianak menuju Kayong Utara. 

Ruas jalan penghubung Kayong Utara menuju Pontianak itu menurutnya masih membutuhkan perbaikan sekitar 3,7 kilometer sehingga konektivitas kabupaten/kota ke  ibukota provinsi lebih cepat dan lancar.

“Jalan Perawas tinggal 3,7 kilometer, mudah-mudahan tahun ini bisa lebih cepat apalagi kalau sudah diaspal kemudian jembatan di Simpang Dua sudah diperbaiki akan lebih cepat,” katanya menjelaskan.

Hanya saja kata Gubernur, arus barang belum bisa optimal karena jalan di Simpang Dua tersebut masih kecil.

Sutarmidji mengatakan mendekati akhir masa jabatan, dirinya sedang fokus memperbaiki jalan yang rusak parah di daerah ini, termasuk di Kayong Utara. 

Pada tahun anggaran 2023 Kayong Utara mendapatkan dana kurang lebih Rp100 miliar untuk perbaikan jalan provinsi dari Siduk hingga Teluk Batang. 

Ada pula pembukaan akses jalan Perawas melalui   kerjasama  TNI  sehingga waktu tempuh dari Pontianak menuju Kayong Utara yang biasanya ditempuh selama 11 jam saat ini sudah bisa diperpendek menjadi 6  jam.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023