Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mempercepat Penyaluran Dana Bantuan Pemerintah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada Dekranasda Kalbar, melalui Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2023 untuk meminimalisasi pengangguran usia muda.

"Kita saat ini sedang mempercepat pelaksanaan PKW Tahun 2023 yang merupakan Program dari Kemendikbudristek, yaitu adanya kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud ristek dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Hal ini dilakukan untuk mengatasi angka pengangguran di usia muda," kata Sekda Provinsi Kalbar, Harisson di Pontianak, Senin.

Menurutnya, masalah pengangguran usia muda yang tinggi menjadi beban pemerintah daerah karena akan meningkatkan masalah sosial (kriminalitas, gangguan narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain).

Pemicu terjadinya masalah sosial salah satunya adalah karena masih banyaknya Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (ATS) serta para lulusan SMA/MA/SMK yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau bekerja setiap tahunnya (1,7 juta/tahun), sehingga menyebabkan mereka menganggur.  

"Kegiatan ini menyasar kepada anak sekolah, terutama anak tidak sekolah atau putus sekolah, dengan memberikan pelatihan serta dididik agar memiliki mental berwirausaha untuk menjadi Pelaku UMKM dan lain sebagainya. Ini adalah program yang mempunyai kaitan yang kuat dengan program Kepala Daerah yaitu membantu anak-anak yang tidak mampu," tuturnya.

Program Kecakapan Wirausaha (PKW) merupakan program Kemendikbud Ristek RI dengan total anggaran Rp12 Miliar dengan setiap provinsi mendapat anggaran sebesar Rp600 juta.

Harisson menambahkan, berdasarkan arahan yang diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. H. Suhajar Diantoro, dan Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, mengarahkan agar seluruh pemerintah daerah mampu melaksanakan program tersebut agar sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Karenanya, kita sudah di undang rapat bersama Mendagri dan Dekranas yang juga dihadiri oleh 21 Provinsi, mulai dari Sekda, Kepala Perangkat Daerah terkait, untuk merespon kegiatan ini agar bisa cepat terlaksana," katanya.

Dekranasda Provinsi diharapkan dapat melaksanakan pelatihan kewirausahaan dalam kerajinan tenun dan kerajinan kriya yang mengikutkan 100 peserta untuk setiap provinsi.

"Mudah-mudahan melalui rapat ini bisa mempercepat terealisasi kegiatan PKW tersebut. Mengingat tinggal beberapa bulan lagi berakhirnya tahun 2023,” kata Harisson.

Program Kecakapan Wirausaha ditujukan bagi ATS berusia 15-25 tahun dengan harapan dapat membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam meningkatkan jumlah wirausaha, menekan angka pengangguran, menekan masalah sosial, dan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk Provinsi Kalimantan Barat, perkembangan Pengajuan Proposal PKW Dekranasda tahun 2023 sudah dalam proses pengisian proposal dengan lokasi pelaksanaan di Kota Pontianak.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023