Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, menggelar kontes ikan hias dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia.

Kepala Dinas Perikanan Mimika Antonius Welerubun di Timika, Rabu, mengatakan kontes ikan hias merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di daerah tersebut.

"Ini merupakan pameran dan kontes ikan hias terbesar se-Papua Tengah, dengan tema Ikan untuk Mimika Maju bertajuk Mimika Aquaculture Expo," katanya.

Menurut Antonius, pada ajang Mimika Aquaculture Expo ini, selain ada Mimika Mini Koi Show memperlombakan 3 kelas A,B dan C berhadiah trophy dan uang, juga ada kontes Channa Timika memperebutkan juara I-III mendapatkan trophy, sertifikat dan uang pembinaan.

"Ada Goldfish Keeping Contest, serta Mimika Betta Contest memperlombakan regular class dan optional class dengan mendatangkan juri dari Biak dan Makasar," ujarnya.

Dia menjelaskan perlombaan ini berlangsung selama dua hari yakni 9-10 Agustus 2023, juga diadakan lomba memasak berbahan dasar ikan agar anak gemar makan ikan.

"Mimika Aquaculture Expo, yang diikuti 26 stan, bertujuan untuk mengembangkan potensi perikanan dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha di bidang budidaya ikan hias," katanya.

Dia menambahkan lomba memasak berbahan dasar ikan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika dimaksudkan untuk meningkatkan konsumsi ikan guna mencegah stunting dan gizi buruk.

"Dengan konsumsi ikan dapat mencegah stunting dan gizi buruk, untuk itu perlu variasi dalam mengolah ikan, maka diadakan lomba memasak berbahan dasar ikan," ujarnya.
 

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu bersama warga Desa Bintet Kabupaten Bangka mengibarkan ratusan Bendera Merah Putih secara serentak, sebagai rangkaian menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pengibaran ratusan bendera serentak ini membuktikan bahwa Indonesia tetap jaya," kata Suganda Pandapotan Pasaribu dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pengibaran ratusan Bendera Merah Putih ini dalam memperingati dan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, sebagai rangkaian kegiatan Program Gubernur Langsung Eksekusi Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung) di Desa Bintet Kabupaten Bangka.

"Hari ini baru saja kita kibarkan bersama-sama bendera merah putih dan ini adalah wujud rasa cinta kita kepada negara dan tanah air Indonesia," ujarnya. Baca juga: Warga Desa Bintet kibarkan bendera sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023