Personel Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1501/Ternate, Maluku Utara (Malut) tberupaya menjaga kebersihan dan estetika lingkungan dengan mengerjakan pembangunan jalan setapak di Pulau Pulau Batang Dua, Kota Ternate masuk kawasan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Komandan Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1501/Ternate Letda Inf Hamdi Umasugi dihubungi, Senin mengatakan dengan adanya kegiatan pembersihan kawasan 3T Pulau Batang Dua diharapkan masyarakat juga dapat turut serta menjaga kebersihan jalan setapak tersebut.

Ia mengatakan, lingkungan yang bersih dan terawat akan menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi seluruh pengguna jalan, Sehingga dalam upaya ini, personel Satgas TMMD turun tangan membersihkan kiri dan kanan area jalan setapak yang sudah selesai dibangun.

Pembersihan kiri dan kanan jalan setapak ini merupakan kegiatan lanjutan dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah terpencil.

Program TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, katanya.

Personel Satgas TMMD Ke-118, ujarnya membersihkan area sekitar jalan setapak dari sampah, dedaunan, dan bebatuan yang masih berserakan.

"Kami tidak hanya fokus pada pembangunan, tetapi juga penting untuk menjaga kebersihan dan estetika lingkungan di sekitar infrastruktur yang telah dibangun. Dengan menjaga kebersihan, kami ingin memberikan rasa nyaman dan kebanggaan kepada masyarakat setempat," ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat setempat mengatakan sangat merasakan manfaat dari upaya personel Satgas TMMD dalam menjaga kebersihan jalan setapak.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah terpencil dan pembangunan berbagai infrastruktur di kawasan terluar seperti Pulau Batang Dua dalam membangun berbagai infrastruktur di daerah ini.

Baca juga: TNI beri layanan kesehatan "door to door" di Bulukumba
 

Puluhan anggota TNI dari Kodim 0809 Kediri, Jawa Timur, tinggal bersama warga selama menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 di Lingkungan Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kediri.

Komandan Kompi (Danki) Satuan Tugas atau Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0809 Kediri Lettu Inf Wiyoto mengatakan semua anggota yang terlibat dalam program ini menginap di rumah warga dengan tujuan agar lebih dekat dengan mereka.

"Kurang lebih satu bulan anggota satgas menginap di rumah-rumah warga. Semua itu dilakukan guna untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, berinteraksi langsung antara TNI dan rakyat dalam satu atap," katanya di Kediri, Minggu.

Ia mengungkapkan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membantu memasak. Dengan itu, akan terjalin komunikasi lebih intensif dengan warga.

"Kami pendekatan dan komunikasi sosial kepada masyarakat sehingga dapat terwujud kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar dia.

Sulimah salah satu warga RT 23 RW 05 yang digunakan sebagai lokasi menginap mengatakan cukup senang dengan kedatangan anggota TNI itu.

Ia merasa suasana rumah yang ditinggali para prajurit menjadi ramai bahkan penuh tawa dan canda tawa. Bahkan, pada pagi dan sore tiba, prajurit Satgas TMMD 117 juga menyempatkan diri membantu memasak di dapur. Baca juga: Selama TMMD anggota TNI tinggal bersama warga

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023