Indomaret cabang Pontianak memanfaatkan sewa teras untuk mendukung pengembangan UMKM, serta bentuk kerja sama antara pengelola bisnis ritel tersebut dengan masyarakat.

"Sewa teras dibayar dengan harga Rp250.000 hingga Rp500.000 per bulan tergantung luas lokasinya," kata Manager Development Indomaret Pontianak, Agus Santoso ditemui di Pontianak.

Ia mengatakan, untuk menyewa teras caranya cukup mudah, hanya perlu isi formulir pendaftaran yang bisa diminta ke kasir dan juga menyertakan fotokopi KTP. 

Luas usahanya sekarang dibatasi yaitu hanya 2x1 meter dan tidak boleh menyediakan tempat duduk untuk makan. 

Pelaku UMKM yang sudah melakukan sewa teras dengan Indomaret khususnya di Kota Pontianak sebanyak 350 pelaku usaha.

"Produk UMKM di Pontianak yang sudah bekerja sama dengan  kami di antaranya ialah Aming Kopi dan Jadul Kopi," katanya.

Ia menjelaskan, sewa teras menyediakan sewa ruang usaha sekaligus counter yang disediakan sebagai sarana pendukung, lokasi strategis dimana UMKM bisa membuka usaha di depan toko ritel tersebut.

"Kami membawa beberapa item untuk dikurasi. 75 item baru produk UMKM sudah dikurasi agar bisa meningkatkan UMKM khususnya di Kota Pontianak," kata Agus.

Ia berharap dengan adanya sewa teras dari pihaknya itu, maka UMKM di Pontianak dapat terbantu, dan adanya sewa teras tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak.

 

Pewarta: Petrus/Magang FKIP Untan

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023