Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang Kalimantan Barat meresmikan wisata Air Kanal di Desa Pematang Gadung Kecamatan Matan Hilir Selatan, Jumat.

Peresmian dilakukan Danlanal Ketapang, Letnan Kolonel Laut (P) Ivan Halim di Dermaga Pematang Gadung disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Martin Rantan dan Farhan serta para pejabat lainnya hingga masyarakat.

Peresmian wisata ini merupakan rangkaian acara Napak Tilas Kabupaten Ketapang tahun 2023. Prosesi peresmian wisata air kanal diawali dengan restocking (pelepasan bibit) ikan air tawar. Kemudian dilanjutkan dengan Danlanal Ketapang melepas speedboat dan motor kato berlayar menuju Dermaga Makam Pangeran Iranata.

"Wisata Air Kanal tentu akan menjadi tempat rekreasi baru dan menjadi alternatif pariwisata di Ketapang," kata Danlanal saat menyampaikan kata sambutan Pemkab Ketapang.

Danlanal menjelaskan pada masa lalu kanal mempunyai arti penting dalam transportasi dan perekonomian yang menghubungkan Sungai Pawan dan Sungai Pesaguan. Walaupun saat ini, fungsi kanal tidak lagi sebagai pusat transportasi. Namun, kanal dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan potensi ekonomi.

"Salah satunya potensi wisata dan ekonomi. Potensi alami kawasan gambut, sebagai tempat berkembang biak fauna air. Maka fungsi kanal diharapkan tetap terpelihara dengan baik," ungkap Danlanal.

Danlanal meminta masyarakat menjaga kanal dan sungai supaya tetap bersih. Kemudian tidak membuang sampah yang dapat menyebabkan kedangkalan sungai.

Usai melepas speedboat dan motor kato berlayar menuju dermaga Makam Pangeran Iranata, selanjutnya rombongan Bupati Menuju Simpang Empat Desa Sungai Pelang. Di Sungai Pelang, Bupati bersama Forkopimda dijadwalkan meresmikan Tugu Panca Karya, meresmikan Jembatan Tanjupura Baru, dan peresmian Masjid Al Muhajirin.

Kegiatan akan berlanjut ke Makam Iranata dimana, di Desa Negeri Baru diagendakan penandatanganan prasasti Makam Pangeran Iranata. Usai kegiatan tersebut di tempat yang sama digelar acara di Kraton Matan Tanjungpura guna keberangkatan karnaval Sungai Pawan dan melepas lancang kuning.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023