Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat dengan cepat memadamkan api di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara yang terbakar pada Jumat (27/10/2023) siang. 

Belasan personel dan dua unit mobil  pemadam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kayong Utara gerak cepat melakukan pemadaman agar api tidak menjalar ke tempat lain. 

"Kami mendapat laporan langsung bergerak ke lokasi. Api dapat dipadamkan dengan cepat. Asap hitam berasal dari plafon salah satu bangunan, memang api belum sempat membesar saat itu,"  kata Kordinator Lapangan BPBD Kayong Utara Herwansyah.

Beberapa barang berharga berhasil diselamatkan dengan cepat, namun beberapa rak lemari berisikan berkas tampak basah akibat proses pemadaman. 

"Sebagian besar berhasil diselamatkan, kursi dan berkas. Itu ada satu lemari terkunci jadi tidak sempat dikeluarkan berkasnya," tuturnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik Dinas Kominfo Kayong Utara, Sya'bansyah mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 14.00 WIB yang mana pada jam tersebut sebagian pegawai baru datang karena habis jam istirahat. Saat kejadian ruang Komisi Informasi Publik (KIP) yang terbakar sedang kosong karena beberapa pegawai belum datang.

"Sebagian (pegawai) sudah datang, tapi ada juga yang belum karena jam istirahat. Ruangan KIP yang terbakar saat itu sedang kosong. Medapat informasi ruangan (KIP) terbakar kita langsung menghubungi BPBD, alhamdulillah api berhasil dipadamkan dengan cepat," tuturnya.

Sya'bansyah belum dapat memastikan penyebab kebakaran namun, bila melihat sumber asap diatas plafon, kemungkinan asap disebabkan konsleting listrik.

Beruntung peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa dan beberapa barang berharga di dalam ruangan sebagian besar dapat diselamatkan.

 

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023