Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat Muda Mahendrawan, menyoroti urgensi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) sebagai landasan pembangunan yang holistik untuk mencapai ketahanan pangan yang lebih baik di wilayahnya.

"Dalam konteks ini, saya menegaskan pentingnya pembahasan yang komprehensif dalam RPJPD, dengan fokus khusus pada strategi peningkatan produksi padi. Sebagai langkah konkret untuk meningkatkan ketahanan pangan," kata Muda di Sungai Raya, Jumat.

Muda menekankan perlunya rencana yang berkelanjutan dan terarah untuk meningkatkan hasil pertanian padi di Kubu Raya.

"Kubu Raya sebagai sumber pangan andalan di Kalimantan Barat memiliki tanggung jawab besar dalam mencapai ketahanan pangan. Oleh karena itu, dalam perumusan RPJPD, kami menitikberatkan pada langkah-langkah strategis untuk meningkatkan produksi padi sebagai langkah nyata menuju ketahanan pangan yang kokoh," tuturnya.

Dalam konteks ini, Bupati menyoroti potensi luas wilayah Kubu Raya, yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produksi padi. Ia juga menekankan kolaborasi yang erat antara pemerintah kabupaten, petani lokal, dan institusi terkait guna menciptakan kebijakan yang mendukung pertumbuhan sektor pertanian.

"Sumber daya alam dan lahan yang luas di Kubu Raya memberikan peluang besar untuk meningkatkan produksi padi. Melalui kerja sama yang sinergis, kami berharap dapat menciptakan kebijakan yang merangsang pertumbuhan sektor pertanian, mengoptimalkan penggunaan lahan, dan meningkatkan produktivitas petani," katanya.

Dengan komitmen ini, Bupati Muda Mahendrawan berharap bahwa RPJPD yang dihasilkan tidak hanya menjadi dokumen perencanaan, tetapi juga menjadi instrumen nyata yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan yang berkelanjutan di Kubu Raya.

Pewarta: Rendra Oxtora Defita Dzakirah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023