Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Pontianak Kalimantan Barat mengadakan pameran bursa kerja sebagai upaya untuk memfasilitasi para pencari kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran.

"Kegiatan bursa kerja ini ini diikuti anak kelas 12 dan alumni SMKN 5 Pontianak. Ini merupakan upaya mengurangi tingkat pengangguran," ujar Kepala SMKN 5 Millu Hatriwati di Pontianak, Selasa.

Ia menambahkan dengan bursa kerja tersebut juga sebagai sarana pertemuan secara langsung antara pencari kerja dan perusahaan baik perusahaan pemerintah maupun swasta.

"Dalam momen ini juga kami menampilkan hasil karya yang telah dibuat sesuai dengan keahlian yakni menampilkan busana dari siswa kelas XII dan alumni dari jurusan/keahlian desain dan produksi busana. Semoga mereka juga dapat membuka usaha mereka sendiri sesuai dengan keahlian yang dimiliki," katanya lagi.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik Kalbar mencatat jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 sebanyak 2,92 juta orang, naik 227,62 ribu orang dibanding Agustus 2022. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebesar 0,45 persen poin.

Penduduk yang bekerja sebanyak 2,78 juta orang, naik sebanyak 217,72 ribu orang dari Agustus 2022. Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan terbesar
adalah pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 81,01 ribu orang.

Sementara itu, untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus 2023 sebesar 5,05 persen, turun sebesar 0,06 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2022.

Persentase setengah pengangguran dan pekerja paruh waktu mengalami penurunan masing-masing sebesar 0,43 persen poin dan 1,20 persen poin dibandingkan Agustus 2022.



 

Pewarta: Dedi/Ira Kristina

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023