Pameran mobilitas Japan Mobility Show 2023, yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight Tokyo, Jepang, dari Kamis (26/10) hingga Minggu (5/11) telah usai dilaksanakan, berhasil menarik 1.112.000 pengunjung.

Dikutip dari rilis pers, Senin (6011), "Temukan masa depan yang tak sabar Anda jelajahi" adalah tema Japan Mobility Show tahun ini, di mana 475 perusahaan dan organisasi berpartisipasi.

Perusahaan-perusahaan tersebut mewakili tidak hanya industri otomotif tetapi juga beberapa industri lainnya, termasuk perusahaan mapan dan perusahaan rintisan.

Di Jepang, industri otomotif dan terkait dengan otomotif mempekerjakan total 5,5 juta orang, dan 8,5 juta orang terlibat dalam pekerjaan terkait mobilitas.

Dalam pameran tersebut, Toyota Motor Corp. menampilkan mobil listrik konsep Kayoibako EV. Mikrovan dengan atap kaca panorama ini memungkinkan pemiliknya menyesuaikan interior untuk berbagai tujuan, mulai dari rekreasi luar ruangan hingga layanan pengiriman dan bahkan truk makanan.

Produsen mobil terbesar di dunia itu juga memamerkan kendaraan listrik konsep generasi mendatang sebelum diluncurkan pada tahun 2026 sebagai bagian dari dorongan mereka dalam pasar kendaraan listrik untuk memenuhi target penjualan 1,5 juta kendaraan listrik pada 2026.

Honda Motor Co. menampilkan Honda CI-MEV. Kendaraan listrik ultrakompak dua kursi yang dilengkapi dengan teknologi pengemudi otonom ini dirancang untuk pelanggan di daerah perdesaan di mana sedikit layanan transportasi umum tersedia.

Baca juga: Japan Mobility Show nama baru pameran otomotif Tokyo Motor Show

Cruise Origin, kendaraan listrik otonom yang dikembangkan bersama General Motors Co. dan anak perusahaannya Cruise LLC, juga akan dipajang. Honda, GM, dan Cruise berencana untuk menggunakan kendaraan baru ini untuk layanan taksi tanpa pengemudi yang akan diluncurkan di Tokyo pada tahun 2026.

Di stan Nissan Motor Co., diungkapkan Nissan Hyper Tourer, sebuah minivan mewah yang sepenuhnya listrik.

Dirancang untuk berjalan dengan baterai padat, kendaraan otonom berkemudi ini dilengkapi dengan sensor untuk memahami perasaan dan kondisi fisik pengemudi sehingga dapat mengendalikan penyejuk udara dan pencahayaan secara otomatis.

Kursi depan dapat berputar 360 derajat untuk memungkinkan penumpang kursi depan dan belakang berinteraksi secara berhadapan saat dalam mode berkendara sendiri.

Produsen otomotif ini juga memperkenalkan Nissan Hyper Punk, sebuah kendaraan listrik konsep yang dirancang untuk menarik pelanggan Generasi Z.

Mobil SUV crossover ini menampilkan permukaan multifaset dan poligonal yang mengubah warna tergantung pada sudut pandang pemirsa. Ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengonversi pemandangan di sekitar mobil menjadi gambar bergaya manga yang ditampilkan di layar dasbor. 

Baca juga: Jajaran mobil terbaru di ajang IIMS Hybrid 2022

 Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) akan kembali diselenggarakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dengan konsep baru.

Dikutip dari keterangan resmi pada Jumat, IIMS 2023 akan menghadirkan nuansa kegembiraan, kolaborasi serta kemeriahan dari pameran otomotif di situasi global yang kian membaik.

Setelah sukses terselenggara di beberapa kota di Indonesia, IIMS 2023 akan menjadi penyelenggaraan IIMS ke-30 yang diselenggarakan Dyandra Promosindo sejak tahun 2000. IIMS 2023 akan menggunakan hampir seluruh lahan di JIExpo Kemayoran. Area outdoor akan dimanfaatkan secara maksimal guna menampung antusiasme peserta yang ingin berpartisipasi di IIMS 2023.

"Mengingat IIMS merupakan salah satu platform yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pecinta para otomotif, hingga saat ini animo para APM sudah sangat tinggi untuk ikut serta dalam IIMS 2023. Kami memutuskan untuk memanfaatkan seluruh area secara maksimal," kata Project Manager IIMS Rudi MF.

Lebih lanjut, ia mengatakan penyelenggaraan pameran IIMS tidak hanya sekedar menumbuhkan potensi bisnis bagi para pelaku otomotif Tanah Air, namun, ajang ini juga diramaikan oleh antusiasme berbagai inovasi dan teknologi terkini dari seluruh lini industri otomotif Indonesia. Baca berita selengkapnya: Pameran otomotif IIMS 2023 akan diselenggarakan dengan konsep baru


 

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023