PT PLN (Persero) amankan kelistrikan Sail Teluk Cenderawasih (STC) dengan menggunakan layanan tanpa kedip melalui skema pengamanan keandalan berlapis di kawasan Pantai Samau Biak, Papua.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto dalam siaran pers di Jayapura, Kamis mengatakan bahwa sistem kelistrikan PLN dalam kondisi prima untuk mendukung event nasional tersebut.

“Dari sisi pembangkitan, kami telah memastikan kecukupan pasokan energi untuk suplai listrik seluruh venue,” katanya.

Menurut Adi, semua kondisi sistem telah dipastikan aman, karena sebanyak dua PLTMG dengan total kapasitas 25 MW siap sebagai pemasok suplai listrik utama kegiatan.

“Kondisi di panggung utama sebagai lokasi pesta rakyat juga dipastikan aman karena kami lakukan pengamanan tiga lapis yang berasal dari suplai utama PLN, Uniterruptible Power Supply (UPS) dan genset,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga mengerahkan 99 personel yang dibekali peralatan pendukung yaitu 3 Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan total kapasitas 900 KVA, 3 Uninteruptible Power Supply (UPS) dengan total kapasitas 310 KVA, 9 unit genset berkapasitas 900 KW serta sebuah Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB).

“Tentunya hal ini semakin memperkuat keandalan pada 12 lokasi yang termasuk ke dalam rangkaian acara,”katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Derek Hegemur menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut serta mendukung suksesnya momentum pelaksanaan Gelaran Sail Teluk Cenderawasih 2023 karena melalui kegiatan tersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat dari berbagai kalangan.

"Marilah jadikan STC sebagai titik awal yang kuat untuk mengukuhkan kawasan ini sebagai daerah pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Papua, sehingga menciptakan masa depan Papua yang cerah lebih baik dan gemilang. Terima kasih banyak untuk seluruh pihak yang terlibat," katanya.

Baca juga: Pemakaian listrik yang tidak resmi berpotensi ancam keselamatan jiwa

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023