Forum Jurnalis Ekonomi Khatulistiwa (Fojekha) menggencarkan gerakan literasi digital yang menyasar pelajar Kota Pontianak sebagai upaya agar generasi zoomer (gen-z) kelahiran 1997-2012 tersebut bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan dunia digital dan sekaligus menangkal dampak negatifnya.

"Sebagaimana tema, kegiatan ini kami hadirkan yang didukung Tri ini agar pelajar Kota Pontianak kreatif dan cakap digital," ujar Ketua Fojekha, Dedi A. Khansa di Pontianak, Kalbar, Sabtu.

Ia menambahkan kegiatan dihadirkan juga mengingat saat ini banyak sekali para gen z yang sangat ingin menjadi seorang konten kreator. Hanya dengan handphone, mereka bisa berkarya secara kreatif.

"Makanya dalam gerakan ini kami hadirkan konten kreator Dony Prayudi dan copy writer Habibah Juniarti Iskandar yang banyak membagikan tips membuat konten yang bisa dilirik di medsos termasuk bagaimana caption atau tulisan yang menarik di dalamnya," jelas dia.   

Kemudian terkait cakap digital dengan menampilkan pemateri Ketua AJI Pontianak sekaligus Trainer Cek Fakta. Menurutnya karena saking eratnya gen Z dengan medsos, mereka pun sering dihadapkan dengan kejahatan siber.

"Pemateri ini mengajarkan cara membuat kanta kunci akun yang aman dan bagaimana jika akun mereka mendapat ancaman diretas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Pontianak, Moh Ikhwan mengatakan kegiatan literasi digital TRI dan Fojekha ini sangat bagus dalam rangka membina karakter anak-anak di era digital saat ini.

"Harapannya dengan pengetahuan yang mereka dapat, mereka lebih santun dalam ber sosial media. Semoga mereka yang sudah ikut hari ini bisa mendiseminasikan ke teman temanya lagi," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Branch Sales Manager TRI Rachmad Wijaya serta AVP Head Regional Marcomm Vera Viberty. Adapun peserta 100 orang terdiri dari SMAN 1 Pontianak, SMAN 3 Pontianak, SMAN 7 Pontianak, MAN 1 Pontianak dan MAN 2 Pontianak.

Rahmad Wijaya mengatakan TRI sangat mendukung kegiatan literasi untuk kalangan pelajar di Pontianak. Dia mengharapkan peserta yang berpartisipasi bisa memanfaatkan momentum tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, ia sampaikan bahwa sejak Januari 2022 TRI telah bergabung dengan Indosat Ooredoo Hutchison.

"Tentu teman teman merasakan dampaknya yakni jaringan TRI semakin kuat," ujarnya.

Baca juga: Fojekha kolaborasi Tri akan gelar Literasi Digital sasar Gen-Z Pontianak

Baca juga: Fojekha komitmen ikut berkontribusi dalam percepatan ekonomi Kalbar

Baca juga: Fojekha bedah potret dan proyeksi ekonomi Kalbar
 

Pewarta: Dini/Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023