Bupati Manokwari, Provinsi Papua Barat Hermus Indou memberikan penghormatan pada seluruh guru yang telah mengabdi di Manokwari dan menyebut mereka sebagai pelukis masa depan untuk membangun peradaban.

"Guru telah berperan penting dalam membentuk karakter, membimbing, dan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus," kata Hermus saat memimpin upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Manokwari, Sabtu.

Ia mengatakan, sosok guru merupakan inspirator yang mampu membakar semangat keingintahuan dan kreativitas anak-anak negeri ini. Meskipun dalam pengabdiannya, tidak terlepas dari berbagai tantangan mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana hingga dinamika perkembangan pendidikan.

“Namun semangat dan dedikasi bapak ibu guru tidak pernah turut sebagai garda terdepan dalam upaya menciptakan generasi cerdas, kritis dan memiliki nilai-nilai luhur,” katanya.

Ia menjelaskan, guru bukan hanya sosok yang memberikan pelayanan di kelas saja, namun mampu membimbing dan melangkah bersama para siswanya dalam perjalanan panjang meningkatkan ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Saat ini, guru-guru di Manokwari maupun di Indonesia sedang berjuang mewujudkan Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar serta menjalankan amanah untuk mengarahkan para generasi penerus bangsa menuju pelajar yang profil Pancasila.

“Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak ibu guru dan tenaga pendidikan yang telah mengorbankan waktu tenaga bahkan kehidupannya sendiri demi anak didiknya,” ujarnya.

Terkait peringatan HUT PGRI, Hermus juga memberikan apresiasi pada pengurus PGRI Manokwari. Pada pengurusan kali ini, PGRI Manokwari mampu membentuk pengurus cabang di setiap distrik. PGRI Manokwari juga telah berupaya maksimal untuk membentuk ranting di semua sekolah.

Menurutnya, hal itu salah satu indikator kemajuan dan kebangkitan PGRI Manokwari sebagai wadah untuk meningkatkan profesionalisme guru, mengatasi berbagai masalah guru serta memperjuangkan kesejahteraan dan perlindungan terhadap guru dan tenaga kependidikan.

“Saya sangat mendukung dan menyampaikan penghargaan pada PGRI Manokwari yang mampu bertindak profesional menjalankan roda organisasi profesi ini,” katanya.

Bupati berharap PGRI Manokwari turut berperan aktif membangun sinergi pada jalannya pemerintahan di Kabupaten Manokwari. Diharapkan PGRI mampu memberikan masukan kepada pemerintah dalam membangun dunia pendidikan di Kabupaten Manokwari ke depan.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023