Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan menghadiri malam puncak Ekspresi Budaya Melayu Ketapang yang diselenggarakan Perkumpulan Lawang Kekayun (PLK) Negeri Matan Tanjungpura tahun 2023 di City Mall Ketapang, Sabtu malam.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PLK yang konsisten mengadakan acara seni budaya Melayu ini setiap tahun," kata Wabup melalui rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Ketapang, Minggu.

Wabup berharap kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat melayu di Kabupaten Ketapang.

"Sesuai yang diamanatkan dalam UU nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, Pemda bertugas melaksanakan pemajuan kebudayaan," terangnya.

Sebagai wujud perhatian Pemda Ketapang terhadap pelestarian budaya daerah, Wabup menyampaikan bahwa Pemda melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah mengalokasikan anggaran fasilitasi kegiatan event budaya yang dilaksanakan paguyuban, etnis di Kabupaten Ketapang.

"Selain itu, Pemda Ketapang juga memfasilitasi pelaksanaan event-event budaya yang dilaksanakan di Kecamatan-Kecamatan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian PLK Citra Eka Syandi, ST.,MT mengatakan bahwa kegiatan ini selain memperingati Milad ke-6 PLK juga sebagai wujud nyata atas kebersamaan, kekompakan dan kerjasama yang telah terbina dari PLK Matan Tanjungpura berdiri.

"Perkumpulan Lawang Kekayun selalu terbuka dan siap berkolaborasi dengan siapapun dalam rangka melestarikan adat istiadat ditanah kayong yang kita cintai ini," pungkasnya.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023