Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura  (FEB Untan) Pontianak menggelar kegiatan Abdi Mahasiswa Ekonomi kepada Desa (AMESA) pada 13-19 Desember 2023 di Dusun Temu, Desa Sumber Karya, Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan Pengabdian Desa BEM FEB Untan ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup desa dan membangun masa depan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Kegiatan fokus pada pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pertanian, inisiatif ini mewakili komitmen BEM FEB UNTAN untuk mendukung perkembangan lokal. 

Kegiatan diisi dengan seminar, yakni seminar kesehatan membahas pencegahan stunting, seminar pertanian yang membahas peningkatan kualitas kerja dan perawatan tanaman, dan seminar ekonomi mengenai peran koperasi dalam membangun desa. Kemudian kegiatan edukasi pendidikan kepada siswa SD dan SMP, dan renovasi bangunan sekolah dan masjid, demikian keterangan yang diterima ANTARA di Pontianak, Kamis.

 
Kegiatan seminar Ekonomi dan Pertanian yang diadakan pada Kegiatan AMESA BEM FEB Untan dengan peserta warga Dusun Temu, Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Reja Kurniawan)
 
Dalam seminar ekonomi, Ketua CU Pancur Kasih Kalbar, Martono SE MM mengatakan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat memiliki alternatif sumber modal dalam membangun desa. 

"Program AMESA ini adalah langkah menuju kesejahteraan bersama dan membentuk masa depan yang lebih cerah untuk Desa Sumber Karya," katanya. 

Sementara I Gede Mergantara S.TP, perwakilan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bengkayang mengatakan masyarakat sudah harus mengembangkan atau membuka link untuk mencari sumber pembiayaan, karena pembukaan akses permodalan itu penting sehingga harus supertim.  

Dalam seminar terkait pertanian, dia mengajak semua pihak yang peduli untuk memanfaatkan peluang dalam pengelolaan komiditas, karena saat ini dalam bekerja tidak bisa sendiri. 

 
Kegiatan seminar dan cek kesehatan dalam Kegiatan AMESA BEM FEB Untan di Dusun Temu, Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Bintang Maharani)


"Berjuang sendiri bukan zamannya lagi. Jadi sekarang bekerja pertanian serta meningkatkan kerja sektor pertanian melalui kerja tim dan melibatkan IPTEK," katanya lagi. 

Oleh karena itu, Dinas Pertanian menghimbau untuk bersatu dalam mendukung program ini. "Bersama-sama, kita dapat menjadi agen perubahan yang membangun kehidupan yang lebih baik di Dusun Temu, Desa Sumber Karya," kata dia. 

Sementara Ketua Panitia AMESA, Dani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dia berharap dengan ada kegiatan itu dapat meningkatkan kualitas SDM, membangun desa dan menjalin silahturahmi antara BEM FEB UNTAN dengan pihak Desa. 
 
Edukasi ke siswa/i SMPN 5 TERIAK (ANTARA/HO)



 

Pewarta: Nurul Hayat

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023