Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Asmadi mengatakan pihaknya akan melakukan penguatan kepada sekolah dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin siswa untuk membekali siswa dengan keterampilan bahasa yang sangat penting di era globalisasi.

"Ini akan menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan daya saing global, di mana kita akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin di seluruh sekolahnya, untuk membekali siswa dengan ketrampilan bahasa yang sangat penting di era globalisasi," kata Asmadi di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, upaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan Mandarin bagi siswa tersebut menjadi komitmen pihaknya untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia global saat ini.

Menyoroti kebutuhan akan langkah ini, Asmadi menekankan pentingnya intervensi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang membuat pembelajaran bahasa ini menyenangkan.

"Di lanskap pendidikan saat ini, kita sedang mempersiapkan anak-anak untuk keberlanjutan penggunaan bahasa Inggris dan Mandarin. Oleh karena itu, metode pengajaran inovatif oleh para pendidik sangat diperlukan," tuturnya.

Untuk memfasilitasi transformasi pendidikan yang berfokus pada bahasa ini, Disdikbud Singkawang akan untuk memperkuat peran Kelompok Kerja Guru (KKG).

Asmadi juga mengungkapkan upaya kolaboratif dengan SETC Kampung Inggris di Singkawang Timur dan universitas di Kuching, Sarawak.

"Kolaborasi dengan SETC Kampung Inggris dan universitas akan memberikan sumber daya dan keahlian tambahan untuk mendukung para guru dan siswa dalam inisiatif peningkatan bahasa ini," kata Asmadi.

Langkah ini dianggap sebagai langkah progresif untuk menyelaraskan sistem pendidikan Singkawang dengan tuntutan dunia kontemporer, memastikan bahwa para siswa memiliki keterampilan komunikasi yang efektif dalam dua bahasa yang paling banyak digunakan secara global.*

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024