Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kalimantan Barat dan Palang Merah Indonesia menyelenggarakan aksi sosial donor darah dan pemeriksaan deteksi dini penyakit tidak menular di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kalbar, Jalan Sutoyo Pontianak, Kamis.

"Ada 25 rangkaian aksi sosial dalam rangka Hari Jadi ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan sejak minggu kedua bulan Januari 2024. Salah satunya adalah aksi sosial donor darah, kegiatan ini merupakan aksi sosial rutin yang tidak hanya dilaksanakan saat HUT Pemprov Kalbar, tetapi rutin dilaksanakan oleh TP-PKK Kalbar bersama PMI Kalbar untuk membantu ketersediaan darah bagi masyarakat Kalbar," kata Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari di Pontianak, Kamis.

Dalam sambutannya, Windy menyebut bahwa aksi donor darah merupakan aksi sosial yang peduli kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan berupa darah.

Dia mengatakan donor darah adalah bentuk kepedulian dan solidaritas kepada sesama manusia. Darah adalah kebutuhan vital bagi manusia. Oleh karena itu, donor darah merupakan aksi yang sangat mulia dan bermanfaat bagi kemanusiaan.

"Donor darah ini mengingatkan kita semua, siapapun sewaktu-waktu pasti akan membutuhkan darah. Selagi kita masih bisa membantu (dengan berdonor darah), kita juga bisa mempromosikan agar masyarakat Kalbar peduli akan donor darah, dan tentunya menyebarluaskan pentingnya berdonor darah karena dengan setitik darah dapat menyelamatkan manusia yang membutuhkan," ujar Pj. Ketua TP-PKK Kalbar.

Ia menambahkan dengan aksi donor darah yang dilaksanakan berkelanjutan secara sinergi dan berkolaborasi, maka masyarakat Kalbar tidak perlu khawatir dengan kekurangan stok darah.

"Bahkan beberapa waktu yang lalu kita sudah merencanakan bahwa PMI Kalbar harus mempunyai database yakni pendonor darah tetap untuk masyarakat Kalbar. Saya yakin semuanya semangat untuk melakukan donor darah dan kita sering melakukan sosialisasi bahwa pentingnya donor darah baik untuk diri sendiri maupun sesama manusia," katanya mengakhiri sambutan.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024