Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kubu Raya mengungkapkan jika strategi Kepong Bakol atau gotong royong berhasil tingkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kubu Raya 8,71 poin pada tahun 2023.
 
"Ada sekitar 8,71 poin peningkatan IPLM, inikan berbanding lurus dengan usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya, khususnya dengan strategi Kepong Bakol- nya," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpusip) Kubu Raya, Rudy Fitriyanto, di Sungai Raya, Jumat.
 
Ia menjelaskan pada tahun 2020 IPLM Kubu Raya berkisar 49,93 dan masuk pada IPLM kategori rendah. Pada tahun 2023 IPLM Kubu Raya naik menjadi 58,64 poin berkat strategi Kepong Bakol dengan melaksanakan berbagai program.
 
Kepong Bakol merupakan istilah yang digunakan oleh Pemkab Kubu Raya sejak kepemimpinan Muda Mahendrawan sebagai Bupati Kubu Raya, yang bertujuan menggiatkan berbagai program. Kepong Bakol memiliki makna gotong royong dan saling mengepung dari segala sisi, sehingga pekerjaan lebih mudah terselesaikan.
 
Dengan strategi Kepong Bakol atau gotong royong bersama masyarakat, Pemkab Kubu Raya berhasil meningkatkan IPLM lewat program perluasan layanan perpustakaan, pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan, meningkatkan kunjungan masyarakat tiap harinya ke perpustakaan, partisipasi masyarakat tentang budaya membaca, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosial.
 
"Program tersebut adalah beberapa di antara yang kami lakukan di Kubu Raya," katanya.
 
Rudy mengatakan peningkatan IPLM merupakan usaha yang dilaksanakan oleh Pemkab Kubu Raya dalam membina dan mengembangkan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat.
 
Hal ini sesuai Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 32 Tahun 2020 tentang Pelayanan Perpustakaan, khususnya Pasal 5 yang menjelaskan bahwa pemerintah daerah (pemda) diantaranya menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di daerah serta menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat, serta memfasilitasi penyelenggaraan perpustakaan di daerah.


Baca juga: Yusran Anizam ajak "kepong bakol" sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: "Kepong Bakol" strategi Kubu Raya kendalikan inflasi

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024