Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) dikukuhkan sebagai upaya memberikan peran generasi muda ikut menurunkan stunting.

“Kami mengapresiasi Kabupaten Sambas atas pengukuhan duta GenRe tingkat desa. Apa yang dilakukan ini merupakan bentuk komitmen luar biasa dan akan membawa Kalbar jadi lebih baik karena sudah dimulai dari GenRe,” kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar Pintauli Romangasi Siregar di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa dengan diberikan peluang para remaja menjalankan berbagai program di wilayahnya diyakini ke depan para Duta GenRe tingkat desa ini akan mengeluarkan semua energi positif untuk kemajuan di desanya.

"Kembali, tujuan pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen Pemda Sambas dalam upaya menurunkan angka stunting. Adanya pengukuhan pada Duta GenRe juga menjadi bentuk pemda memperhatikan para remajanya," jelas dia.

Ia menambahkan bahwa apabila program terus sudah dikuatkan dari awal maka ke depan para remaja akan menjadi penerus bangsa. Dengan memahami pentingnya program ini sejak remaja, bisa menjadi bekal mereka untuk transferkan pengetahuannya kepada remaja lain.

Lebih dalam kata Pintauli, berdasar penelitian para remaja lebih senang berkomunikasi sesama sebaya. Mereka malah agak sungkan jika bercerita hal pribadinya kepada orang tua.

“Tetapi jika dengan sesama remaja mereka terbuka,” ujarnya.

Harapannya, ketika sesama remaja melakukan diskusi, ada remaja-remaja yang siap memberikan jawaban tepat, sehingga remaja tidak salah dalam melangkah.

“Inilah maknanya dibentuk Duta GenRe di seluruh desa,” tuturnya.

Menurutnya Bupati Sambas menyambut baik program pengukuhan Duta GenRe tingkat Desa. Ia berharap dari pengukuhan ada tindak lanjut dari Bupati Sambas untuk mewajibkan seluruh desa memiliki perwakilan Duta GenRe tingkat desa.

"Agar program ini bisa semakin kuat memang diperlukan kolaborasi termasuk mendorong dari sisi aturan di Pemerintah Sambas. Sehingga seluruh camat dan kepala desa dapat melaksanakan program ini.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024