Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat tengah memilih empat desa, 11 sekolah dan dua pasar di wilayahnya untuk pelaksanaan Kegiatan Terpadu Prioritas Nasional Pangan Aman 2024.
 
"Kegiatan tersebut merupakan Kegiatan Terpadu Prioritas Nasional Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak yang Dikonsumsi Usia Sekolah (PJAS), dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kubu Raya, Jakariansyah di Sungai Raya, Sabtu.
 
Empat desa yang nantinya akan dipilih untuk pelaksanaan program tersebut terdapat desa terkait stunting dan bukan stunting yang akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah disepakati bersama.
 
Dikatakannya jika kriteria desa yang akan dipilih dalam pelaksanaan program tersebut ialah desa yang mulai dari kepala desa, perangkat desa dan masyarakat, terutama lembaga-lembaga kemasyarakatan di desa tersebut yang proaktif mendukung program-program pemerintah. Saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan empat desa tersebut.
 
Ia berharap pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat Kubu Raya.
 
Kepala Balai Besar POM di Pontianak, Fauzi Ferdiansyah menyampaikan jika empat desa, 11 sekolah dan dua pasar di Kabupaten Kubu Raya akan dipilih untuk pelaksanaan kegiatan terpadu Prioritas Nasional Tahun 2024.
 
Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan yang akan dilakukan terdiri dari PPABK yang bertujuan memberdayakan masyarakat terutama komunitas pasar agar dapat berdaya dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan kepada komunitas pasar, yang meliputi petugas pengelola pasar, pedagang pasar, dan konsumen di pasar.
 
Desa Pangan Aman yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan dan memperkuat ekonomi desa.
 
Serta PJAS Aman yang bertujuan agar sekolah memiliki komitmen dalam menerapkan keamanan pangan dengan menanamkan pengetahuan dan pemahaman akan keamanan pangan pada komunitas sekolah serta mendorong kemandirian komunitas sekolah dalam mewujudkan budaya pangan aman yang baik sehingga dapat melindungi dirinya dari pangan yang tidak aman yang membahayakan kesehatan.
 
Untuk itu pihaknya bersinergi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan terpadu Prioritas Nasional Tahun 2024, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kubu Raya dalam menerapkan keamanan pangan.

 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024