Polres Kubu Raya, Kalimantan Barat melibatkan 315 personel dan menyiapkan enam pos strategis untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas dalam pengamanan Idul Fitri 1445H/2024.
 
"Polres Kubu Raya sudah melakukan pemetaan dinamika dan tantangan lingkungan strategis nasional yang wajib diantisipasi dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2024, dengan melibatkan 315 personel dengan rincian 108 personel Polres Kubu Raya dan 207 personel dari instansi terkait," ucap Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo di Sungai Ambawang, Selasa.
 
Ia mengatakan pihaknya juga akan membangun enam pos, dengan tiga pos pengamanan di Pasar Parit Baru, Gaia Mall dan Bundaran Mayor Alianyang, lalu dua pos pelayanan di simpang empat desa kapur dan Pelabuhan Rasau Jaya, serta satu pos terpadu di Bandara Internasional Supadio.
 
Kapolres mengungkapkan, dari enam pos tersebut akan disiagakan 58 personel gabungan Polri,TNI dan stakeholder terkait.
 
"Keenam pos tersebut akan disiapkan 58 personel Polri,TNI dan stakeholder terkait dalam memberikan rasa aman dan kondusifitas terhadap masyarakat dalam perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.
 
Melalui pengaman Idul Fitri ini, pihaknya berupaya menyiapkan strategi mudik Idul Fitri agar berjalan aman, lancar dan tertib, Operasi Ketupat Kapuas 2024 akan dilaksanakan oleh Polres Kubu Raya selama 13 hari yakni 4-16 April 2024.
 
"Pengamanan mudik kali ini untuk mempersiapkan strategi mudik lebaran 2024, agar berjalan aman, lancar dan tertib, walaupun di satu sisi saat ini kita masih melaksanakan rangkaian Operasi Mantap Brata Tahun 2024 tentang pengamanan Pemilu 2024," kata Kapolres Kubu Raya.
 
Selanjutnya, Wahyu menambahkan, objek pengamanan terdiri dari 83 masjid prioritas yang berada di sembilan Kecamatan Kabupaten Kubu Raya, Bandara Internasional Supadio, dua terminal, dua pelabuhan, 16 pusat perbelanjaan dan 32 objek wisata yang berada di Kabupaten Kubu Raya.
 
"Dengan demikian, Polres Kubu Raya siap bersinergi serta berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam rangka terwujudnya tujuan Operasi Ketupat Kapuas tahun 2024 di Kabupaten Kubu Raya yang aman dan kondusif," tegasnya.

 


 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024