Pelindo Pontianak bersama Indomaret menyediakan 400 tiket program mudik gratis tujuan Pontianak - Surabaya dalam rangka membantu masyarakat yang ingin berkumpul dengan keluarganya di momen Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Tiket mudik gratis ini program kolaborasi kami bersama Indomaret. Keberangkatan pada Sabtu, 6 April 2024 melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak," ujar General Manager PT Pelindo Regional 2 Pontianak Ambar Wiyadi di Pontianak, Jumat.

Terkait fasilitas dan layanan mudik di Pelabuhan Dwikora Pontianak baik barang maupun penumpang menjadi perhatian dan prioritas pihaknya di momen Idul Fitri 1445 H. Menurutnya untuk layanan khusus telah ditetapkan sejak H-15 hingga +15 Lebaran.

"Layanan di terminal penumpang maupun barang dimaksimalkan. Bahkan kami juga telah menyediakan posko lebaran 1445 H," kata dia.

Menurutnya sejauh ini sudah pihaknya telah melayani 6.034 penumpang yang terdiri dari 3.707 berangkat dan 2.327 datang.

"Kondisi jumlah penumpang ini mengalami peningkatan sebesar 11 persen dibanding tahun sebelumnya. Hingga selesai mudik diperkirakan akan terus bertambah," kata dia

Untuk kelancaran arus mudik melalui laut pihaknya menghimbau operator kapal dan pemilik muatan untuk segera mengeluarkan barang-barang dari pelabuhan agar tidak mengganggu distribusi. Namun, distribusi barang di Pelabuhan Kijing, Sintete, dan Ketapang tetap berjalan normal.

"Saat ini, fokusnya adalah kepada penumpang yang menggunakan angkutan laut, terutama di Dwikora, Sintete, Kijing dan Ketapang," kata dia.

Dalam berbagai hal terkait layanan Idul Fitri 1445 H, Pelindo Pontianak bekerja sama dengan KSOP, Dishub Pemprov, Basarnas, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, KP3, Kantor Kepolisian Kawasan Pelabuhan, serta beberapa operator kapal untuk melayani angkutan Lebaran.

Baca juga: Pelindo Kalimantan menyalurkan bantuan program Ramadhan Rp1,3 miliar

Baca juga: Dua mitra Pelindo berinvestasi di Pelabuhan Kijing Rp4 triliun

Baca juga: Kunjungan kapal di Dwikora Pontianak hingga Oktober sebanyak 1.163 kapal


 

Pewarta: Dedi dan Rosshafika

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024