Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menjalin kerja sama dengan kelompok bimbingan haji dan umroh (KBIHU) Darul Ulum guna memberikan pendampingan layanan informasi dan konsultasi tentang haji.
 
"Kami sudah ada kerja sama dengan KBIHU Darul Umum Kubu Raya, jadi bagi para calon haji yang ingin menambah pengetahuan dan wawasan terkait tatacara pelaksanaan ibadah haji dan sejenisnya bisa langsung ke KBIHU Darul Ulum di Kubu Raya," ujar Kepala Kemenag Kubu Raya, Ruslan di Sungai Raya, Rabu.
 
Ruslan mengatakan dengan adanya KBIHU dinilai dapat meringankan tugas Kemenag dalam melakukan pendampingan haji, sehingga dengan adanya KBIHU jamaah haji dan umroh bisa terarah saat melakukan ibadah di tanah suci.
 
“Dengan adanya KBIHU ini kita sangat terbantu dalam melayani jamaah,” ucapnya.
 
Sebelum melakukan ibadah di tanah suci, jamaah terlebih dahulu mendapat bimbingan KBIHU mulai dari proses awal hingga sampai ke tanah suci.
 
Pendampingan haji dan umroh dimulai sejak pelatihan manasik hingga kembali ke tanah air, dan jika terdapat jamaah yang sakit juga akan diberikan pelayanan sehingga keluarga yang menitipkan tidak khawatir.
 
Untuk itu Ruslan mengimbau jamaah asal Kubu Raya yang masih ingin menambah pengetahuan dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah dapat mengikutinya di KBIHU tersebut.
 
"Jika ada jamaah asal Kubu Raya yang masih ingin menambah pengetahuan dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji dan sejenisnya, bisa dipersilahkan mengikuti manasik haji melalui KBIHU di Kubu Raya," ucapnya.*

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024