Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat fokus menurunkan kemiskinan ekstrem melalui tiga terobosan yang menyasar 542 kepala keluarga (KK) dengan meningkatkan perekonomian warga setempat.
 
"Terdapat terobosan yang bisa dilakukan yakni dengan meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi beban, dan kantong-kantong kemiskinan itu sendiri yang harus diberikan intervensi," ujar Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman di Sungai Raya, Senin.
 
Ia menyebutkan tiga terobosan tersebut merupakan upaya yang dapat dilakukan Pemkab Kubu Raya agar bisa mengeluarkan warganya dari perhitungan kemiskinan ekstrem.
 
Kamaruzaman menuturkan untuk wilayah Kubu Raya hanya ada 542 KK yang kini masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, sementara Kubu Raya memiliki lebih dari 180.000 KK.
 
"Di Kubu Raya hanya ada 542 KK dan ini menjadi prioritas Pemkab Kubu Raya agar seluruh keluarga tersebut bisa keluar dari perhitungan kemiskinan ekstrem," ucapnya.
 
Ia optimistis untuk dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayahnya dengan seluruh daya dan upaya yang dimiliki untuk mengatasi kemiskinan ekstrem.
 
"Dengan kekuatan dan daya upaya ini harus kita lakukan," tuturnya.
 
Dirinya berharap para perangkat daerah Kabupaten Kubu Raya dapat saling bersinergi berupaya melakukan yang terbaik agar dapat mengatasi permasalahan yang ada.
 
"Tentu diharapkan hasil akhirnya adalah sebuah kebersamaan seluruh perangkat daerah Kabupaten Kubu Raya untuk sama-sama berbuat yang terbaik untuk Kubu Raya yang lebih maju," katanya.

Baca juga: Garis kemiskinan naik akibat krisis global

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024