Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mengatakan pemantauan dan intervensi serentak pencegahan stunting yang dilakukan oleh pemerintah pusat dapat memberikan hasil yang akurat guna membuat kebijakan dalam mewujudkan tumbuh kembang anak di wilayah setempat.
 
"Dari hasil ini juga bisa kita dapatkan data yang lebih akurat yang berguna untuk dapat membuat sebuah kebijakan dalam bagaimana mewujudkan tumbuh kembang anak yang dapat menjadi generasi emas di tahun 2045,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman di Sungai Itik, Kubu Raya, Rabu.  
 
Menurutnya hasil dari pemantauan yang dilakukan oleh tim Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI terkait dengan intervensi serentak pencegahan stunting di Kubu Raya, akan langsung dibahas setelah kegiatan sebagai bahan perbaikan.
 
"Hasil dari pemantauan yang dilakukan oleh Tim Setwapres akan menjadi bahan evaluasi dan langsung dibahas sehingga ada masukan-masukan untuk perbaikan," kata Kamaruzaman.
 
Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan pada hari ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di posyandu dan bersamaan dengan adanya kunjungan dan pemantauan dari Setwapres yang berperan sebagai person in charge (PIC) atau orang yang bertanggung jawab dalam kegiatan pemantauan dan intervensi serentak pencegahan stunting untuk wilayah Kalbar.
 
Pelayanan rutin di fasilitas kesehatan masyarakat, kata Kamaruzaman menjadi satu di antara bukti kehadiran pemerintah di tengah warganya, dan sebagai upaya untuk mensejahterakan.
 
"Jadi semua itu diberikan pelayanan dan didata sekaligus nanti ada kebijakan intervensi kalau terdapat stunting ataupun sudah keluar dari stunting. Nah, ini wujud kehadiran Pemkab Kubu Raya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait dengan pelayanan ibu hamil dan anak di Kubu Raya," tuturnya.
 
Ia mengatakan Posyandu Melati Putih adalah posyandu kedua yang dikunjungi oleh Tim Setwapres di Kubu Raya. Masih ada satu posyandu lagi yang akan didatangi Tim yakni Posyandu Griya Mekar Delima Desa Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya.
 
"Alhamdulillah, besok peninjauan terakhir di Posyandu Griya Husada Serdam insyaallah akan hadir Bapak Gubernur dan Deputi dari Sekretariat Wakil Presiden. Itu adalah hari terakhir untuk kegiatan pemantauan dan intervensi stunting oleh Tim Setwapres di Kabupaten Kubu Raya," katanya.
 
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman mendampingi Tim Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara melakukan pemantauan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di Posyandu Melati Putih, Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap.

Kamaruzaman mengatakan kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh posyandu dan dipantau oleh Tim Setwapres adalah agenda rutin.


 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024