Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima bantuan oksigen konsentrat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah itu.
 
"Kubu Raya diberikan bantuan terkait dengan oksigen konsentrat dan oksigen konsentrat ini dipakai untuk di pelayanan kesehatan," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kubu Raya Mayudin di Pontianak, Kamis.
 
Bantuan yang diterima pihaknya berupa oksigen konsentrat dengan satu unit 7F-AW Yuwell 10 LPM dan satu unit portable oxygo yang nantinya akan dioperasionalkan di fasilitas kesehatan Kubu Raya.
 
Ia mengatakan umumnya oksigen yang ada menggunakan bantuan tabung dan harus diisi, maka dengan oksigen konsentrat ini dapat dioperasikan dengan bantuan listrik, tanpa harus mengisi oksigen terlebih dahulu.
 
"Oksigen konsentrat itu bisa dikoneksikan dengan listrik dan akan berfungsi jadi tanpa mengisi oksigen atau tanpa menggunakan tabung oksigen sudah bisa produksi sendiri dengan memanfaatkan listrik," ujarnya.
 
Ia mengatakan oksigen itu diperlukan oleh fasilitas kesehatan.

Oleh karena itu, dirinya menilai, oksigen konsentrat ini akan membantu untuk penanganan kesehatan di Kubu Raya.
 
Untuk penempatan bantuan oksigen konsentrat yang diberikan oleh Pemprov Kalbar, ia mengatakan akan melakukan diskusi lebih lanjut agar alat ini dapat dimanfaatkan secara optimal.
 
"Dan untuk penempatan alat ini akan kami diskusikan lebih lanjut. Pokoknya kami akan maksimalkan bantuan ini untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kubu Raya," kata Mayudin.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024