Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat memastikan agar petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk benar-benar mencocokkan dan meneliti secara detail dalam mendata agar hak pilih warga tidak ada yang terlewatkan dalam Pilkada 2024.

"Pendataan untuk memastikan masyarakat sesuai dengan kondisi terbaru sehingga tidak ada yang terlewatkan yang nantinya berpengaruh kepada hak pilih," ujar Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sambas, Risno saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa di Kabupaten Sambas ada sebanyak 1779 anggota petugas pantarlih yang telah dilantik oleh panitia pemungutan suara (pps) atas nama KPU Kabupaten Sambas.

"Masa kerja pantarlih berlangsung selama sebulan, mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Dalam proses perekrutan, kami sudah memastikan, bahwa petugas yang kami rekrut memiliki rekam jejak yang baik, dengan mempertimbangkan masukan-masukan dari masyarakat," jelas dia.

Menurutnya, secara umum tugas pantarlih adalah membantu kpu kabupaten, panitia pemilihan kecamatan (ppk), serta pps dalam menyusun daftar pemilih dan memutakhirkan data pemilih.

Secara teknis pantarlih bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan memberikan tanda bukti kepada pemilih dengan mendatangi langsung rumah calon pemilih. Ditandai dengan penempelan stiker coklit di setiap rumah pemilih.

"Data penduduk setiap waktu Pasti mengalami perubahan di setiap wilayah, oleh karena itu data tersebut perlu dimutakhirkan. Dalam kondisi inilah petugas pantarlih memastikan apakah mereka sudah pindah ke daerah lain, meninggal dunia maupun beralih status dari masyarakat sipil menjadi TNI/Polri atau sebaliknya," kata dia.

Ia mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan pantarlih yang dijalankan petugas. Sehingga semua proses Pilkada berjalan sebagaimana mestinya.

"Sebagaimana kita ketahui untuk pemungutan suara pemilihan kepala daerah serentak akan dilaksanakan 27 November 2024, kita akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Sambas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat secara bersamaan. Mari bersama kita sukseskan pesta demokrasi daerah ini," ajak dia.

Baca juga: KPU Sambas gelar bimtek pemutakhiran data pemilih bagi PPK

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024