Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat kembali menganggarkan pembangunan gedung Kantor Bupati Kapuas Hulu atau Gedung Pelayanan Satu Atap dengan dana  Rp34,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

"Kami pastikan tahun ini gedung itu selesai dibangun, saat ini progres pekerjaan sekitar 83 persen, mudah-mudah segera selesai dan segera bisa kita gunakan untuk pelayanan," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Untuk diketahui, pembangunan gedung bertingkat itu sudah menelan dana sebesar Rp100 miliar yang dimulai sejak Tahun Anggaran 2022 hingga 2023 masing-masing Rp50 miliar selama dua tahun.

Fransiskus menjelaskan dalam Gedung Pelayanan Satu Atap Pemkab Kapuas Hulu itu nantinya bukan hanya Kantor Bupati Kapuas Hulu, akan tetapi terdapat beberapa organisasi perangkat daerah yang tergabung dalam satu gedung tersebut diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kapuas Hulu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas Hulu, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kapuas Hulu dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kapuas Hulu.

"Saya selalu memantau proses pembangunan gedung itu, semua berjalan lancar sesuai ketentuan, hanya saja untuk tahun ini tahap penyelesaian," kata Fransiskus.

Ia berharap dengan berdirinya gedung yang cukup megah tersebut nantinya tidak hanya menjadi ikon Kapuas Hulu, akan tetapi dapat menjadi motivasi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memiliki gedung yang representatif.

Fransiskus mengatakan saat ia menjabat sebagai bupati, kondisi gedung Kantor Bupati Kapuas Hulu sebelumnya sangat memprihatinkan banyak bagian dari gedung mengalami kerusakan terutama pondasi karena beberapa diantaranya masih bangunan tua, karena gedung tersebut dibangun sekitar Tahun 1979 silam.

Bahkan, beberapa lantai di dalam ruangan retak dan sejumlah ruangan dikosongkan karena khawatir bangunan roboh.

Sehingga melalui proses panjang, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama DPRD Kapuas Hulu bersepakat menganggarkan pembangunan gedung baru, yang dibangun di lahan komplek Kantor Bupati Kapuas Hulu.

"Makanya, gedung yang baru itu kami bangun karena memang sudah menjadi kebutuhan dan salah satu prioritas," ucapnya.

Baca juga: Kantor Bupati Kapuas Hulu mulai dibangun dengan anggaran Rp100 miliar

Baca juga: Pembangunan Kantor Bupati Kapuas Hulu ditargetkan selesai tahun 2023

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024