Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya, Kalimantan Barat, terus bersinergi bersama Kepolisian Resor (Polres) Kubu Raya dan pemangku kepentingan terkait guna menyukseskan jalannya Pilkada 2024.
 
"Satu di antara tugas sebagai penjabat bupati adalah menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 ini," ujar Penjabat Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman di Sungai Raya, Jumat.
 
Oleh karena itu, dia mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres setempat dan bersinergi untuk pelaksanaan Pilkada Kubu Raya yang tertib dan lancar.
 
Dia pun mengapresiasi peran Polres Kubu Raya yang telah melakukan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) sebagai bentuk upaya menjaga keamanan wilayah Kubu Raya saat Pilkada 27 November 2024.
 
"Ini sudah diantisipasi sejak dini, sehingga kita berharap untuk pilkada ini tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kamaruzaman.
 
Ia menjelaskan pilkada adalah pesta demokrasi dari rakyat untuk rakyat guna menentukan figur pemimpin Kubu Raya nanti.

Oleh karena itu, menurut dia, agenda simulasi sangat penting untuk memastikan kesiapan pengamanan pilkada nanti.
 
"Mudah-mudahan semua tahapan pilkada bisa berjalan dengan lancar dan tertib, sehingga nanti pada waktunya pilkada sampai pada penetapan hasil nanti tidak ada hambatan dan gangguan khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya," ujar Kamaruzaman.
 
Sementara itu Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo mengatakan pihaknya melaksanakan simulasi tersebut terkait dengan antisipasi dan tindakan yang akan dilakukan kepolisian dalam merespons potensi ancaman dalam setiap tahapan pilkada.
 
"Kami sudah menyiapkan strategi, menyiapkan perencanaan untuk menghadapi potensi-potensi gangguan kamtibmas. Akan tetapi meskipun siap, kita tetap berharap tidak akan terjadi permasalahan kamtibmas di tiap tahapan pelaksanaan pilkada nanti," tuturnya.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024