Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Polda Papua Barat Wilayah Papua Barat Daya, Kombes Pol. Ongky Isgunawan menyebutkan bahwa situasi keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur hingga bupati dan wali kota di provinsi ke-38 itu masih tergolong aman kondusif.
 
"Selama tahapan pendaftaran bakal calon di Papua Barat Daya tidak ada situasi yang menonjol, seluruhnya berlangsung aman dan kondusif," jelas dia di Sorong, Minggu.
 
Berdasarkan hasil pemetaan daerah rawan secara nasional, Papua Barat Daya masuk ke dalam indeks kerawanan sedang dengan fokus perhatian di dua wilayah yakni Kota Sorong dan Sorong Selatan.
 
"Tingkat kerawanan di Papua Barat Daya masuk kategori sedang," ujar dia.
 
Polda Papua Barat terus memperkuat pengamanan di Papua Barat Daya dengan menerjunkan 895 personel yang tergabung di dalam operasi Mantap Praja Mansinam II di wilayah itu, yang terdiri dari satgas preventif, satgas tindak dari Satuan Brimob, Satgas Humas dan Satgas Deteksi.
 
“Kami memang fokus melaksanakan pengamanan Pilkada di Papua Barat Daya, yang terdiri dari lima kabupaten dan satu kota,” kata Kasatgas.
 
Kendatipun demikian, Polda Papua Barat melakukan pendekatan dengan tokoh elemen masyarakat untuk bersama menjaga kondisi keamanan tetap kondusif.
 
“Kami membangun komunikasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh intelektual dan tokoh perempuan supaya bersama menjaga kondisi keamanan agar tetap kondusif," harap dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024