Satgas Operasi Mantap Praja Cartenz II 2024 wilayah Papua Selatan memperketat pengamanan kantor bawaslu setempat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada).

Kasatgas Operasi Wilayah Papua Selatan, melalui Kasatgas Humas Kompol Nurjanah dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Senin, mengatakan dalam pengamanan di kantor bawaslu pihaknya menempatkan personil selama 24 jam ditambah dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan guna memantau aktivitas di sekitar kantor tersebut.

"Ini merupakan bagian integral dari prosedur operasi standar (SOP) dalam Operasi Mantap Praja Cartenz II 2024," katanya.

Menurut Nurjanah, penjagaan personel di bawaslu mencerminkan komitmen penuh Polda Papua melalui Satgas Operasi Mantap Praja Cartenz II sebagai penanggung jawab keamanan demi kelancaran seluruh tahapan pilkada di Papua Selatan.

"Walaupun situasi keamanan di wilayah Provinsi Papua Selatan relatif aman namun kami tidak ingin bersikap lengah atau meremehkan potensi ancaman," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan menempatkan personil untuk menjadi kantor bawaslu juga merupakan salah satu upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan.

"Kami berharap dapat meminimalisir kemungkinan gangguan keamanan yang tidak diinginkan kedepannya," katanya.

Dia menambahkan pengamanan ketat tersebut menunjukkan keseriusan aparat keamanan dalam memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkada 2024 termasuk proses pengawasan oleh bawaslu, berlangsung dengan aman dan tertib.

Dia mengatakan patroli rutin dan kehadiran personel di lapangan menjadi langkah preventif penting dalam menjaga stabilitas dan mengantisipasi potensi kerawanan yang mungkin muncul menjelang dan selama pelaksanaan pilkada.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024