Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, menyatakan harapannya agar Kalbar dapat menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang.

"Kita tentu sangat berharap agar Provinsi Kalimantan Barat suatu saat dapat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Kalbar perlu mempersiapkan sarana dan prasarana olahraga yang sesuai dengan standar nasional, karena infrastruktur olahraga yang memadai akan menjadi salah satu faktor penentu kesiapan Kalbar untuk bersaing menjadi tuan rumah," kata Harisson saat menghadiri kegiatan PON XXI di Aceh, Selasa.

Harisson juga menekankan berbagai keuntungan yang akan diperoleh jika Kalbar menjadi tuan rumah PON, termasuk pembangunan fasilitas olahraga yang lebih representatif dan lengkap. Pemerintah pusat, menurutnya, akan memberikan dukungan penuh dalam hal ini.

"Dengan menjadi tuan rumah PON, kita pasti akan membangun sarana olahraga yang lebih baik dan didukung oleh pemerintah pusat," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi upaya kaderisasi atlet yang terus dilakukan oleh KONI Kalbar dan pengurus cabang olahraga (Pengda). Harisson yakin bahwa dengan pembinaan yang berkelanjutan, atlet-atlet Kalbar dapat terus mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional.

"Kaderisasi atlet kita sudah berjalan dengan baik. KONI harus terus membina agar prestasi mereka meningkat. Jangan sampai atlet kita diambil provinsi lain," katanya.

Harisson mengatakan, saat pembukaan kegiatan PON XXI , salah satu momen yang menjadi kebanggaan bagi Kalimantan Barat adalah penunjukan Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, untuk mengucapkan janji atlet dalam pembukaan PON XXI tersebut. Harisson menyatakan rasa bangga atas pencapaian ini dan berharap prestasi ini dapat memotivasi atlet-atlet Kalbar lainnya.

"Tadi kita lihat bersama bagaimana meriahnya pembukaan PON XXI ini. Kami sangat bangga karena Veddriq Leonardo, atlet kebanggaan Kalbar, terpilih mengucapkan janji atlet. Ini merupakan suatu kehormatan bagi Kalbar," kata Harisson.

Harisson juga sempat mengunjungi beberapa cabang olahraga yang sedang bertanding serta melihat langsung kondisi para atlet di penginapan. Ia mengaku terkesan dengan semangat dan daya juang para atlet Kalbar dan menurutnya, semangat ini harus terus dijaga agar para atlet dapat tampil maksimal di setiap pertandingan.

"Saya melihat semangat luar biasa dari atlet-atlet kita. Senyum bahagia mereka menunjukkan motivasi tinggi untuk meraih prestasi terbaik. Tugas kita adalah menjaga motivasi mereka agar tetap prima saat bertanding," pungkas Harisson.

Seperti diketahui, PON XXI 2024 berlangsung di dua provinsi sekaligus, yakni Aceh dan Sumatera Utara, yang menjadi pertama kalinya ajang multi-event olahraga nasional ini digelar di dua wilayah berbeda.

Pada kegiatan tersebut Kalimantan Barat mengirimkan 162 atlet yang bertanding dalam 32 cabang olahraga, dengan 15 cabang di Aceh dan 17 cabang di Sumatera Utara. PON 2024 diharapkan menjadi momentum bagi Kalimantan Barat untuk semakin memperkuat posisinya di dunia olahraga nasional.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024