Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) terus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui upaya strategis dengan memetakan potensi investasi di daerah itu.

"Pentingnya penanaman modal bagi kemajuan perekonomian suatu wilayah. Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA), menjadi salah satu instrumen vital dalam memacu pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat yang positif," kata Pj Sekda Kalbar, Muhammad Bari di Pontianak, Jumat.

Dia menegaskan, Kalbar memiliki potensi besar, baik dari segi sumber daya maupun fasilitas, yang menjadikannya sebagai wilayah tujuan investasi yang menarik. Hal ini terbukti dari semakin meningkatnya realisasi investasi PMDN dan PMA di daerah ini.

Ia menambahkan bahwa Pemprov Kalbar melihat investasi sebagai langkah strategis untuk membuka peluang baru, termasuk memperkuat ekonomi lokal melalui pengembangan sektor-sektor unggulan yang ada di provinsi tersebut.

Upaya Pemprov Kalbar dalam menarik investor dilakukan dengan menyediakan Peta Potensi Investasi Provinsi Kalbar Tahun 2024. Peta ini memuat data yang akurat dan spesifik mengenai sektor-sektor yang potensial untuk dikembangkan oleh para calon investor.

"Dengan adanya peta ini, calon investor bisa lebih mudah memahami sektor-sektor yang paling potensial untuk dijadikan peluang usaha di Kalbar. Peta ini menjadi pedoman penting bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam perekonomian daerah," tuturnya.

Salah satu harapan besar dari penyusunan peta potensi ini adalah meningkatnya minat investor yang akhirnya membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat.

"Semakin banyak investor yang berinvestasi di Kalbar, semakin besar pula dampak positifnya terhadap perekonomian daerah, termasuk dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan baru. Ini adalah peluang besar yang harus dimaksimalkan," tambahnya.

Dia menambahkan, penyusunan peta potensi investasi 2024 merupakan langkah penting yang diambil oleh Pemprov Kalbar untuk membuka pintu investasi yang lebih besar.

"Dengan informasi yang akurat dan spesifik, peta ini diharapkan bisa menjadi panduan yang berguna bagi calon investor dalam mengembangkan usaha di Kalimantan Barat, sekaligus meningkatkan daya saing daerah di pasar nasional dan global," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Kalbar petakan potensi investasi daerah

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024