Kodam XII/Tpr bersama Polda Kalbar dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar apel pasukan pengamanan VVIP untuk kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Kalimantan Barat dipimpin oleh Pangdam XIII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan.

"Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP, termasuk personel, materi, dan sarana pendukung lainnya, agar kunjungan Presiden RI dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar," kata Iwan Setiawan di Pontianak, Senin.

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, menekankan bahwa kunjungan Presiden ke Mempawah ini merupakan kebanggaan bagi Kalimantan Barat.

"Kami siap mengamankan kunjungan kerja Bapak Presiden. Kami akan memastikan keselamatannya sejak mendarat hingga kembali, dengan dukungan penuh dari Pj Gubernur, Kapolda, dan Kejaksaan. Hari ini kami melakukan pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan untuk pengamanan VVIP," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, menambahkan bahwa kepolisian juga akan berperan aktif dalam mendukung pengamanan.

"Kami siap membantu segala rencana yang telah disusun oleh Pangdam XII/Tpr. Kami akan melaksanakan tugas kami dengan totalitas, memastikan kenyamanan dan keamanan Presiden selama kunjungan," tuturnya.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang erat antara berbagai pihak, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kalimantan Barat diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses.

Kesiapsiagaan seluruh personel keamanan, dukungan dari pemerintah daerah, serta antusiasme masyarakat setempat menjadi modal penting dalam menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia.

Kunjungan Presiden ke PT BAI Mempawah tidak hanya menjadi momen penting bagi perkembangan industri pertambangan di wilayah ini, tetapi juga merupakan kesempatan berharga bagi Kalimantan Barat untuk menunjukkan potensi dan komitmennya dalam mendukung proyek-proyek strategis nasional.

Usai apel, Pj Gubernur Harisson mengungkapkan bahwa semua persiapan untuk menyambut kunjungan Presiden telah dilakukan dengan baik.

"Presiden Jokowi akan meresmikan proyek strategis BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) di PT Bauksit Alumina Indonesia (PT BAI) di Mempawah. Proses injeksi pengolahan bauksit menjadi alumina sudah dapat dimulai pada kuartal IV tahun 2024. Kami berharap Pangdam, Kapolda, dan instansi terkait dapat memastikan kelancaran kunjungan ini," kata Harisson.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024