Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menyiagakan 100 dalam pentahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Sebanyak 100 personel Polres Jayapura yang disiagakan ini juga termasuk membantu pengamanan di posko pemenangan lima paslon kepala daerah, kantor KPU, Bawaslu termasuk gudang logistik di Puspenka Hawai Sentani Kabupaten Jayapura.

Kabag Ops Polres Jayapura Kompol Septen Sianturi di Sentani, Sabtu mengatakan personel yang disiapkan pada tahapan Pilkada serentak 2024 kurang lebih 100 orang.

“Pola pengamanan yang kami buat untuk saat ini adalah pos menetap di gudang logistik KPU, dimana ada tiga personel ditambah satu perwira pengendali (padal) yang ditempatkan di sana,” katanya.

Menurut Kompol Sianturi, untuk di kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Jayapura atau penyelenggara masing-masing terdapat dua personel ditambah padal untuk saat ini.

“Kami melihat kondisi masih terkontrol sehingga personel yang disiapkan seperti ini dulu, nanti setelah mendekati pelaksanaan pemungutan suara personel akan dipertebal,” ujarnya.

Dia menjelaskan intinya personel dipertebal atau tidak akan melihat dari potensi kerawanan di Kabupaten Jayapura hingga mendekati hari pencoblosan.

“Kami tegaskan di sini bahwa ketika potensi kerawanan meningkat maka personel kepolisian akan ditambah guna meredam kondisi tersebut,” katanya.

Dia menambahkan tahapan kampanye Pilkada saat ini pihaknya terus melakukan patroli siang hingga malam di semua titik yang dianggap menjadi pusat kerawanan maupun pusat keramaian dan kantor penyelenggara dan posko pemenang serta kediaman lima paslon kepala daerah.

“Untuk tahapan Pilkada kami siapkan 100 personel nanti jumlah ini akan bertambah seiring jalannya tahapan pilkada selanjutnya hingga pencoblosan maupun pleno penetapan bupati dan wakil bupati Jayapura terpilih,” ujarnya.


 

Pewarta: Yudhi Efendi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024