Personel Kepolisian Resor (Polres) Donggala melalui Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) setempat melakukan patroli laut guna mencegah tindak pidana di wilayah perairan di daerah itu.
 
Adapun patroli itu dipimpin oleh Kanit Patroli Aipda Dance Krismanto bersama anggota tim lainnya terdiri dari Kasubnit Lidik Aiptu Komarudin, Dan KP XIX-2010 Bripka M. Lemba dan Banit Patroli Brigadir Indra Giri.
 
Kasat Polair Polres Donggala Iptu Rahmat di Loli, Sabtu, mengatakan pihaknya melakukan patroli perairan itu dengan menggunakan kapal patroli KP.XIX-2010.
 
"Tentunya patroli ini bertujuan guna memantau situasi keamanan perairan setempat dan mengantisipasi atau mencegah tindak pidana di wilayah perairan sekitar Kabupaten Donggala," kata Iptu Rahmat.
 
Ia menuturkan patroli itu memeriksa sejumlah lokasi dan melintasi titik perairan strategis di Kabupaten Donggala seperti perairan Loli Tasiburi, Kabonga, Tanjung Karang hingga perairan Boneoge di Kecamatan Banawa.
 
"Selama melakukan patroli ini senantiasa melakukan pemantauan situasi perairan dan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melintas masuk ke Teluk Palu," ucapnya. 
 
Kata dia, patroli tersebut adalah upaya berkelanjutan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perairan wilayah Donggala khususnya mencegah serta menangani kemungkinan terjadinya tindak pidana di laut.
 
"Kami tentunya terus mengimbau kepada kru dan nakhoda kapal yang ditemui selama patroli untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca dan arus laut selama berlayar, serta memastikan ketersediaan alat-alat keselamatan standar, seperti pelampung dan peralatan keselamatan lainnya," ujarnya.
 
Rahmat menjelaskan agar pemilik kapal yang melintas di perairan Donggala serta masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk mentaati aturan pelayaran serta regulasi yang berlaku selama berada di perairan Kabupaten Donggala. 
 
"Para nakhoda dan kru kapal diimbau untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menghindari pencemaran laut dan tidak membuang minyak, bahan beracun, limbah kotoran, sampah, serta gas buang dari kapal yang dapat merusak kualitas air dan udara," sebutnya.
 
Ia mengingatkan pentingnya setiap kru kapal agar peduli terhadap lingkungan pada perairan Donggala.
 
“Kami berharap setiap kru kapal dapat saling mengingatkan dan peduli terhadap kebersihan serta keselamatan di laut sebab patroli ini tidak hanya bertujuan menjaga keamanan, tetapi juga melindungi kelestarian lingkungan perairan kita," tuturnya. 

Pewarta: Moh Salam

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024