Jakarta (ANTARA Kalbar) - Universitas Sydney memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dengan sejumlah universitas di Indonesia guna mendukung peningkatan hubungan bilateral Australia dan Indonesia.

"Hubungan bilateral tidak harus selalu berhubungan dengan kegiatan politik, namun dengan menjalin kerja sama di bidang kesejahteraan masyarakat juga penting untuk mempererat persahabatan antara Australia dan Indonesia," kata Rektor Universitas Sydney, Profesor Marie Bashir, di Jakarta, Senin.

Marie Bashir mengatakan bahwa pendidikan merupakan investasi terbesar yang menjadi akar semua potensi suatu negara.

Sementara itu, Profesor Anthony Welch mengatakan bahwa kerja sama tersebut dilakukan untuk mendorong mahasiswa dari luar Australia dalam memperluas wawasan di berbagai bidang sambil memperkuat hubungan persahabatan dua negara.

"Banyak mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Australia, dan juga semoga lebih banyak lagi mahasiswa kami yang menuntut ilmu di negara ini. Kami berharap akan lebih banyak lagi mahasiswa internasional yang menjalin kerja sama dengan universitas kami," katanya.

Universitas Sydney menjalin kerja sama dengan 10 universitas di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada  (UGM) Yogyakarta, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) Bandung, dalam bidang pendidikan, kedokteran, pertanian, sosial dan budaya.

(F013)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012