Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pusat Pembelajaran Pertanian Terpadu (P3T) Belekam, Desa Labian, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, akan mewakili Kalimantan Barat dalam pemilihan duta konservasi tingkat nasional di Jakarta, Juni mendatang.

Ketua P3T Belekam, Yosef Unja saat dihubungi di Pontianak, Selasa, mengatakan akan menjadi sebuah tantangan untuk memberikan yang terbaik bagi Kalbar di tingkat nasional.

"Kami mendapat tugas baru. Ini semacam tugas tambahan," ujar Yosef Unja yang belum lama membawa P3T Belekam sebagai jawara Lomba Penghijauan dan Konservasi Wana Lestari (PKWL) se-Kalbar itu.

Pemilihan sebagai yang terbaik itu pada ajang Pertasi Kencana di kategori Kelompok Tani Hutan/Penghijauan (KTH/KTP) yang digelar di Kabupaten Bengkayang.

Ia menambahkan, tugas dan amanah tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan secara moril dengan cara lebih meningkatkan kinerja. Baik itu kinerja personal, maupun kelompok binaan yang sudah meluas ke desa-desa lainnya di Kecamatan Batang Lupar.

P3T Belekam berdiri sejak tahun 2005. Kini, ada 12 kelompok binaan, masing-masing tiga kelompok di Desa Labian Iraang, satu kelompok di Desa Mensiau, empat kelompok di Desa Labian, dua kelompok di Desa Sungai Ajung, satu kelompok di Desa Sungai Abau, dan satu kelompok di Desa Melemba.

Menurut warga Dusun Ukit-Ukit, Desa Labian itu, masing-masing kelompok memiliki jenis kegiatan sendiri-sendiri. Di antaranya, budi daya tanaman karet unggul dan karet lokal, budi daya 20 jenis tanaman buah-buahan lokal, pengembangan pertanian beras merah organik, dan kerajinan manik kreasi buah pohon hutan dari kelompok perempuan.

(T011)

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012