Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama PT PLN terus memperluas wilayah layanan listrik bagi masyarakat yang tinggal di desa terpencil.

"Belum lama ini PLN telah mengalirkan listrik pada beberapa desa di Kecamatan Batu Ampar, hal itu akan terus dilakukan ke kecamatan lainnya. Dan dalam waktu dekat, PLN rencananya juga akan mengalirkan listrik di desa pesisir yang ada di Kecamatan Terentang," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, berdasarkan perencanaan yang ada pada PLN, terencana pengaliran listrik ke Kecamatan Terentang tersebut baru akan dilakukan tahun 2014.

"Kami juga tidak bisa mendesak PLN untuk membuka jaringan baru di desa lainnya, mengingat PLN saat ini masih keterbatasan daya. Namun, kami akan terus mendorong hal tersebut, sambil terus melakukan koordinasi dengan PLN," katanya.

Muda menyatakan, sebagai Kabupaten yang baru dimekarkan kurang lebih lima tahun, Kubu Raya tentunya perlu melakukan perbaikan, baik dari sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur maupun kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk merealisasikan semua itu tentunya perlu proses dan dibutuhkan waktu yang cukup panjang.

Namun, sejak di bawah kepemimpinan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang merupakan Bupati pertama di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat itu perlahan namun pasti, semua yang di butuhkan masyarakat mulai terealisasi.

Bupati pertama di Kubu Raya itu menjelaskan, dirinya mengakui, sampai saat ini masih banyak desa yang belum teraliri listrik. Namun, dalam hal ini, Pemkab Kubu Raya tidak hanya berdiam diri saja, akan tetapi berusaha dan mengupayakan, agar seluruh desa di kabupaten itu bisa menikmati listrik selama 24 jam.

"Namun yang paling diutamakan adalah untuk daerah-daerah pesisir di Kubu Raya. Mengingat letak geografisnya yang cukup jauh dari Ibu Kota Kabupaten serta perjalan untuk menuju ke daerah tersebut tidak bisa menggunakan kendaraan darat melainkan menggunakan kendaraan air, seperti motor air dan speed boat," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk di Kubu Raya sendiri terdapat lima Kecamatan yang berada di daerah pesisir, di antaranya, Kecamatan Batu Ampar, Kubu, terentang, Teluk Pak Kedai dan Kecamatan Kuala Mandor B.

Untuk itu, ia berharap masyarakat di Kecamatan Terentang, agar bersabar menunggu pelayanan listrik 24 jam, karena Pemkab Kubu Raya akan merealisasikannya paling lambat pada tahun 2014. 

(pso-171)



Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012